ppid@riau.go.id (0761) 45505
Rebut Piala Bergilir Gubernur Riau 13 Bersaing di Ajang LCTP

Rebut Piala Bergilir Gubernur Riau 13 Bersaing di Ajang LCTP

  • PPID UTAMA
  • 25 August 2024
  • 15 View

PEKANBARU - Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Riau menggelar Lomba Cepat Tepat Perpajakan (LCTP). LCPT ini merupakan wujud kepedulian Kanwil DJP Riau terhadap pelaksanaan inklusi perpajakan dalam bentuk Tax Goes To School (TGTS) sebagai salah satu agenda tahunan.

"Kegiatan ini merupakan bentuk nyata kerja sama antara DJP dengan pemerintah daerah dan sekolah-sekolah yang ada di Provinsi Riau. Tahun ini, LCTP digelar sekaligus untuk memperingati Hari Pajak dan HUT ke-67 Provinsi Riau," kata Kepala Bidang (Kabid) Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Kanwil DJP Riau Bambang Setiawan dalam keterangan tertulisnya, yang diterima Ahad (25/08/24). 

Materi yang diperlombakan adalah Struktur dan Pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) serta Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Pajak daerah yang dikelola pemerintah provinsi, kabupaten, dan kota. Materi hak dan kewajiban perpajakan pajak pusat seperti Pengantar Ilmu Perpajakan, Pajak Pertambahan Nilai (PPN), dan Pajak Penghasilan (PPh).

Untuk diketahui Tax Go To School (TGTS) dilaksanakan pada hampir semua jenjang pendidikan mulai dari usia dini (TK/ PAUD), SD, SMP dan SMA. TGTS ini bertujuan untuk memupuk rasa nasionalisme sekaligus menanamkan kesadaran mengenai arti penting pajak bagi pembangunan negara.

TGTS difokuskan bagi siswa dan siswi level Sekolah Menengah Atas (SMA) dan dikemas dalam bentuk LCTP. Tujuan utama dari pelaksanaan LCTP adalah untuk mengedukasi perpajakan secara masif, memperkenalkan dasar perpajakan dalam bentuk yang menarik, dan memberikan konsep edukasi yang dinamis. 

Sebelumnya lomba telah digelar di tingkat kabupaten dan kota dengan total peserta sebanyak 485 sekolah dari seluruh penjuru Riau. Jumlah ini meningkat dari pelaksanaan LCTP tahun lalu dengan peserta sebanyak 436 sekolah. 

"Satu sekolah terbaik dari setiap kabupaten dan kota serta Best Runner Up atau sekolah yang memperoleh skor tertinggi di luar juara akan kembali bertemu di tingkat provinsi untuk bertanding dan memperebutkan Piala Bergilir dari Gubernur Provinsi Riau dengan total 13 sekolah," ungkap Bambang.

Sebanyak 13 sekolah tersebut antara lain, SMA Darma Yudha Pekanbaru, SMA Santo Tarcisius Dumai, SMA Bintang Laut Rokan Hilir, SMK Negeri 1 Rengat Indragiri Hulu. Kemudian, SMA Negeri 1 Tembilahan Indragiri Hilir, SMA Negeri 1 Teluk Kuantan, SMA Negeri 1 Bengkalis, SMA Kalam Kudus Selat Panjang, SMK Yum Pesantren Teknologi Riau Kampar, SMA Negeri 1 Rambah.

Selanjutnya, SMA Mutiara Harapan Pelalawan, SMA Negeri 1 Tualang Siak, dan SMA Plus Taruna Andalan Pelalawan (Best Runner Up). Final LCTP akan digelar di Aula Gedung Dang Merdu BRK Syariah Pekanbaru pada 29 Agustus. (Media Center Riau/PR)



Struktur PPID

Struktur Pejabat Pengelola dan Dokumentasi (PPID) Riau

Dr. RAHMAN HADI, M.Si

Pj. Gubernur Riau

-

Wakil Gubernur

Indra, SE., MM

Pj. Sekretaris Daerah

IKHWAN RIDWAN, SH, M.Si

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik

Penghargaan

Daftar Penghargaan Pemerintah Provinsi Riau

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII "baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII “baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan pembina K3 terbaik

Penghargaan pembina K3 terbaik

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

Informasi PPID

Informasi Data PPID Riau

Informasi Publik

636

  • 269 Tersedia Setiap Saat
  • 317 Berkala
  • 44 Serta Merta
  • 6 Dikecualikan

Permohonan Informasi

351

  • 98 Selesai
  • 181 Ditolak
  • 70 Sedang Proses

Member PPID

440

  • 439 Aktif
  • 1 Tidak Aktif

Info Grafis

Daftar Info Grafis

PPID OPD

Daftar link website PPID Pembantu Provinsi Riau

PPID Kabupaten/Kota

Daftar link website PPID Kabupaten/Kota

Kota Dumai Kab. Siak Kab. Bengkalis Kab. Rokan Hilir Kab. Rokan Hulu Kab. Pelalawan Kab. Kepulauan Meranti Kota Pekanbaru Kab. Kuansing Kab. Kampar Kab. Indragiri Hulu Kab. Indragiri Hilir