ppid@riau.go.id (0761) 45505
Forkopimda Rakor OMP Praja Lancang Kuning 2024 Bahas Pilkada di Riau

Forkopimda Rakor OMP Praja Lancang Kuning 2024 Bahas Pilkada di Riau

  • PPID UTAMA
  • 20 August 2024
  • 19 View

PEKANBARU - Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal membuka Rapat Koordinasi (Rakor)!Lintas Sektoral Operasi Mantap Praja (OMP) Lancang Kuning 2024, membahas pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Provinsi Riau, agar berjalan sukses dan aman, Senin (19/8).

Rakor ini Riau digelar di Ballroom Hotel Grand Elite. Hadir sejumlah pejabat, diantaranya Pj Gubernur diwakili Fungsional Ahli Muda Bidang Poldagri Kesbangpol Provinsi Riau Tengku Rahardian, SSos MSi.

Wakapolda Riau Brigjen Pol Kasihan Rahmadi, Para PJU Polda Riau, Para Kapolres/ta Jajaran Polda Riau.

Ketua DPRD Riau diwakili Wakil Ketya II H Agung Nugroho, SE MM. Kajati Riau Akmal Abbas, SH MH, Danrem 031/WB diwakili Kasi Ops Letkol Inf Ahmad Hisom Baihaki beserta Kasi Intel korem, Danlanud RSN beserta Kadis Ops Lanud, Danlanal Dumai beserta Pas Ops Lanal Lettu Laut (P) Purwo.

Hadir juga Kabinda Riau, Sekda Prov beserta Sekda Kab/Kota Jajaran Prov Riau, Kakanwil Kemenkumham Provinsi Riau diwakili Kadiv Permasyarakatan M Ali Syeh Banna, Ketua KPU Riau diwakili Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM Nugroho Noto Susanto, SP MSi beserta ketua KPU Kab/Kota Jajaran Provinsi Riau, Ketua Bawaslu Provinsi Riau beserta Ketua Bawaslu Kab/Kota Jajaran Provinsi Riau.

Pejabat lainnya antara lain Kalaksa BPBD Provinsi Riau diwakili Kabid Kedaruratan dan Logistik Jim Gafur, AP MSi, Kepala BMKG Provinsi Riau Irwansyah Nasution, ST MSi, Kasatpol PP Provinsi Riau diwakili Kabid Ops Afrizal Anjo, MSi beserta Kasatpol PP Kab/Kota Jajaran Provinsi Riau, Kadishub Provinsi Riau diwakili Kabid Lalu Lintas Jalan Rionaldi, STip MM, Kepala Bulog Kanwil Riau Ismed Erlando, SHMH dan Kasatgas Wil Riau Densus 88 diwakili Katim Opsnal Intelijen Ipda Prisma Bayu

“Operasi Mantap Praja 2024 akan kita mulai pada tanggal sesuai dengan tahapan penyelenggaraan Pemilu yang sudah ditetapkan KPU pusat Republik Indonesia,” kata Kapolda Riau, dalam kata sambutannya.

Kapolda mengatakan, rakor ini sengaja dilaksanakan terlebih dahulu untuk mengetahui fungsi masing-masing lintas sektoral yang terlibat..

“Kita akan mendahului dengan rapat koordinasi lintas sektoral, sehingga semua tahu fungsi kita, yang mungkin ada perbedaan. Tetapi satu tujuan yaitu bagaimana mensukseskan pesta demokrasi pesta rakyat khususnya di Provinsi Riau bejalan dengan aman,tertib dan lancar dan berkah,” sebut Kapolda.

Kapolda mencontohkan, jika hanya diamankan saja tapi tidak tertib, maka akan menyisahkan senjata-senjata pemilu. Kemudian, kalau tertib saja tidak penuh berkah mungkin ada hal-hal yang dalam tanda kutip ada yang berpihak dan aparat yang memihak dan sebagainya.

Iqbal mengaku sengaja mengisiasi rakor ini bertujuan untuk menjamin pemeliharaan, keamanan dan penegakan hukum di Pilkada Riau.

“Saya selaku Kepala Kepolisian Daerah Riau yang kebetulan menginisiasi kegiatan ini dari leading sektor sebagai negara, dengan sistem demokrasi untuk melakukan menjamin pemeliharaan keamanan, sekaligus juga melakukan penegakan hukum serta melakukan pencegahan yang super ketat untuk pelaksanaan pemilihan kepala daerah di Bumi Lancang Kuning ini,” ucap Kapolda.

Bintang dua ini menjelaskan, semua tahu bahwa Kontestasi demokrasi Pilkada ini, adalah persaingan, tetapi persaingan yang positif yang dilegitimasikan oleh UUD. “Karena itu kita yakin ada persaingan,” lanjut Irjen Iqbal.

Kapolda mencontohkan, jika ada oknum jajarannya melakukan intervensi maka dirinya akan langsung melakukan penindakan secara tegas.

“Misalkan ada oknum-oknum yang melakukan intervensi, saya perintahkan jajaran pengawasan penegakan hukum Propam Irwasda, bahkan saya selaku Kapolda sendiri yang akan menindak oknum tersebut,” tega Kapolda.

“Kita tahu bahwa kita bersama semakin kuat, kita bersinergi, kerja kolektif dan kolaboratif mengambil tugas dengan baik,” lanjut Kapolda.

Diakhir kata sambutannya, Kapolda mengajak jajarannya di Kepolisian, KPU, Bawaslu, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda serta stakeholder yang terlibat untuk menjadi satu satuan tim bersama melangkah untuk mensukseskan Pilkada di Provinsi Riau Ini. 

“Melalui rapat ini akan menyempurnakan niat baik kita untuk masyarakat Provinsi Riau menjadikan Pilkada 2024 ini menjadi Pilkada yang aman, tertib, sejuk kondusif dan damai,” tutup Kapolda mengajak seluruh lintas sektoral.



(Mediacenter Riau/hb)

Struktur PPID

Struktur Pejabat Pengelola dan Dokumentasi (PPID) Riau

IR. S. F. HARIYANTO M. T.,

Pj. Gubernur Riau

-

Wakil Gubernur

Indra, SE., MM

Pj. Sekretaris Daerah

IKHWAN RIDWAN, SH, M.Si

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik

Penghargaan

Daftar Penghargaan Pemerintah Provinsi Riau

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII "baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII “baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan pembina K3 terbaik

Penghargaan pembina K3 terbaik

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

Informasi PPID

Informasi Data PPID Riau

Informasi Publik

636

  • 269 Tersedia Setiap Saat
  • 317 Berkala
  • 44 Serta Merta
  • 6 Dikecualikan

Permohonan Informasi

350

  • 97 Selesai
  • 181 Ditolak
  • 70 Sedang Proses

Member PPID

438

  • 437 Aktif
  • 1 Tidak Aktif

Info Grafis

Daftar Info Grafis

PPID OPD

Daftar link website PPID Pembantu Provinsi Riau

PPID Kabupaten/Kota

Daftar link website PPID Kabupaten/Kota

Kota Dumai Kab. Siak Kab. Bengkalis Kab. Rokan Hilir Kab. Rokan Hulu Kab. Pelalawan Kab. Kepulauan Meranti Kota Pekanbaru Kab. Kuansing Kab. Kampar Kab. Indragiri Hulu Kab. Indragiri Hilir