ppid@riau.go.id (0761) 45505
Tema Indonesia Berpadu dalam Keberagaman, 2.000 Masyarakat Hadiri Milad ke-42 Unilak

Tema Indonesia Berpadu dalam Keberagaman, 2.000 Masyarakat Hadiri Milad ke-42 Unilak

  • PPID UTAMA
  • 01 July 2024
  • 41 View

Pekanbaru - Universitas Lancang Kuning (Unilak) menggelar puncak milad ke-42 pada Minggu, (30/6). Berbagai kegiatan di milad ke-42 tersebut diadakan peluncuran program dan berbagai kegiatan penting. 

Pada acara itu, diadakan pentas seni lintas budaya dengan tema “Untuk Indonesia Berpadu Dalam Keberagaman.di teater terbuka FIB Unilak. Diisi dengan penampilan kesenian adat dari 10 daerah di Indonesia, yaitu Bali, Minang, Sunda, Melayu, Tinghoa, Batak, Ambon dan Jawa.

Ribuan masyarakat kagum dengan rangkaian kegiatan tersebut, hal ini disampaikan langsung oleh ketua Forum Pembaruan Kebangsaan Provinsi Riau, Auni M Noor. Ia  hadir langsung dan memberikan apresisuasi kepada Unilak yang mengadakan kegiatan pentas seni. 

“Kegiatan pentas seni lintas budaya sejalan dengan tujuan FPK yang berorientasi pada seni dan budya yang terangkai dalam keberagaman, semoga pentas seni lintas budaya ini Milad Unilak ini dapat melestarikan keharmonisan keberagaman budaya Indonesia yang kita cintai," ujarnya.

Sebelum dilakukan pentas seni, kegiatan diisi dengan gerak jalan santai yang diikuti lebih dari 2.000 orang. Acara dimulai dari Lacof Coffe danau Ekoriparian Unilak dan berakhir di teater terbuka FIB Unilak. 

Untuk memeriahkan puncak Milad, Unilak menyediakan 2.000 makanan gratis, cek kesehatan gratis, servis sepeda motor murah meriah. Lalu, juga ada pendafataran mahasiswa baru gratis, pameran UMKM, pameran edukasi reptil dan tersedua  ratusan hadiah doorprize.

Ketua Yayasan Pendidikan Raja Ali Haji Prof Dr Irwan Effendi yang hadir dengan Rektor Unilak Prof Junaidi melakukan peluncuran berbagai program di Unilak. Di antaranya Center Of Exccellence (kelas professional), Program Fast Track S1 ke S2, Rekognisi Pembelajaran Lampau.

Kemudian, Program Pendidikan Profesi Guru, Unilak Business Centre, Peningkatan Status Unilak Medical Centre terakreditasi Papirpurna, dan berdirinya Magister Ilmu Akuntasi, dan Magister Ilmu Pertanian.

“Untuk program Center Of Exccellence, mahasiswa pada semester 6 disiapkan di dunia kerja sehingga mereka bisa full disana, dan pada semester 7 mereka kembali ke kampus untuk menyelesaikan tugas akhirnya," ucapnya.

Dijelaskan, Program Fast Track S1 ke S2, bagi mahasiswa di semester lima akan dilakukan diseleksi, ketika mahasiswa semester 7 yang bersangkutan juga bisa mendaftar langsung di S2. "Kesimpulannya hanya dengan 4,5 tahun bisa tamat S1 dan S2. Keuntungan program fast track lebih hemat waktu, efisien biaya, dan lebih cepat tamat," ucapnya.

Ditambahkan Prof Junaidi, Unilak kembali dipercaya untuk mengadakn program RPL. Untuk program RPL Unilak menjadi kampus pertama di Riau yang mendapatkan ijin.

“RPL ini secara sederhana calon mahasiswa yang sudah kerja, kuliah S1 bisa 2 tamat tahun, dan S1 bisa 1 tahun.  Kenapa bisa? karena pengalaman kerja itu akan diakui/dikonversikan kedalam SKS, syaratnya ada pengalaman kerja, atau sedang bekerja. Di tahun ini kami juga meluncurkan Program Profesi Guru, Unilak Business Centre dan tahun ini Unilak telah Menerima Mahasiswa Baru Prodi Magister Ilmu Akuntansi dan Magister Ilmu pertanian," sebutnya.

Pentas Seni Lintas Budaya diawali dengan penampilan tarian Zapin sebagai pembuka, kemudian dilanjutkan dengan penampilan Barongsai, tarian jawa, sunda, tari Piring dari Minang, live music dari paguyuban Ambon Riau.

Lalu ada pula  kesenian Bali, tarian Tor Tor Batak dan dan ditutup dengan pentas seni Randai Kuantan. Penampilan kesenian yang menghibur, membuat para penonton ikut untuk tampil dan kagum.



(Mediacenter Riau/jep)

Struktur PPID

Struktur Pejabat Pengelola dan Dokumentasi (PPID) Riau

IR. S. F. HARIYANTO M. T.,

Pj. Gubernur Riau

-

Wakil Gubernur

Indra, SE., MM

Pj. Sekretaris Daerah

IKHWAN RIDWAN, SH, M.Si

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik

Penghargaan

Daftar Penghargaan Pemerintah Provinsi Riau

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII "baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII “baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan pembina K3 terbaik

Penghargaan pembina K3 terbaik

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

Informasi PPID

Informasi Data PPID Riau

Informasi Publik

611

  • 260 Tersedia Setiap Saat
  • 301 Berkala
  • 44 Serta Merta
  • 6 Dikecualikan

Permohonan Informasi

332

  • 93 Selesai
  • 181 Ditolak
  • 58 Sedang Proses

Member PPID

420

  • 419 Aktif
  • 1 Tidak Aktif

Info Grafis

Daftar Info Grafis

PPID OPD

Daftar link website PPID Pembantu Provinsi Riau

PPID Kabupaten/Kota

Daftar link website PPID Kabupaten/Kota

Kota Dumai Kab. Siak Kab. Bengkalis Kab. Rokan Hilir Kab. Rokan Hulu Kab. Pelalawan Kab. Kepulauan Meranti Kota Pekanbaru Kab. Kuansing Kab. Kampar Kab. Indragiri Hulu Kab. Indragiri Hilir