ppid@riau.go.id (0761) 45505
Pemerintah Dorong Pemberdayaan Perempuan Melalui Penguatan Literasi Keuangan

Pemerintah Dorong Pemberdayaan Perempuan Melalui Penguatan Literasi Keuangan

  • PPID UTAMA
  • 27 June 2024
  • 35 View

Pekanbaru - Dalam upaya mencapai kemajuan ekonomi yang berkeadilan di Indonesia, perempuan memiliki peran yang sangat penting. Utamanya, bagi sebuah bangsa untuk memiliki fondasi ekonomi yang kuat dengan literasi keuangan sebagai pondasi utama dalam membangun kesejahteraan dan keadilan sosial. 

Hal itu disampaikan oleh Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati dalam kegiatan Talkshow Edukasi Keuangan BUNDAKU (Ibu, Anak, dan Keluarga Cakap Keuangan), dikutip Kamis (27/6).

“Ibu Kartini tahun 1890, beliau sudah bicara tentang literasi. Beliau sangat yakin bahwa perempuan yang diberikan akses untuk menjadi literate berarti mampu untuk mengakses informasi melalui membaca, sekolah, berinteraksi, maka perempuan itu akan mampu mendidik anak-anaknya menjadi lebih baik dan menciptakan peradaban yang lebih baik,” ungkap Menkeu.

Mengenai pentingnya literasi keuangan, Menkeu menjelaskan bahwa pembangunan ekonomi sebuah bangsa akan dapat terwujud secara optimal dengan partisipasi aktif dari masyarakat yang memiliki pemahaman yang baik mengenai keuangan. Khususnya bagi perempuan agar mampu mencapai kemandirian finansial dan melindungi diri dari risiko ekonomi.

“Membangun ekonomi sebuah bangsa, maka modal pertama yang penting adalah manusianya atau human capital. Supaya human capital itu bisa mampu memberikan nilai tambah dan membangun peradaban, maka dia perlu diberikan ilmu pengetahuan. Jadi kalau kita bicara tentang literasi, kalau kita bicara Perempuan, luar biasa dampaknya kepada generasi-generasi yang akan datang,” ujarnya.

Untuk itu, Kementerian Keuangan sebegai pengelola keuangan negara mengambil langkah konkret dengan terus menggunakan instrumen keuangan negara untuk menciptakan literasi yang makin baik dan memberikan manfaat kepada perempuan di berbagai sektor. 

“Ini yang disebut anggaran yang responsif gender. Di dalam kehidupan sehari-hari juga supaya perempuan itu diberikan sebuah pemihakan bukan untuk melebihi laki-laki, tapi di dalam sebuah masyarakat yang laki perempuannya itu setara,” jelas Menkeu.

Menjadi fokus utama dalam pembangunan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif di Indonesia, Menkeu berharap agar literasi keuangan dapat mencapai seluruh lapisan masyarakat Indonesia, dengan inklusi dan literasi keuangan mencapai 100 persen. 

Menkeu juga menghimbau agar para perempuan dapat turut berkontribusi aktif menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan pengalamannya untuk kemajuan perempuan.

"Selamat menjadi duta literasi. Selamat untuk bapak, ibu ibu terutama tadi yang sudah diwisuda dan untuk semua ibu ibu yang terus aktif untuk meningkatkan literasi, Saya ucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya. Terus lakukan hal-hal yang baik dalam hidup anda. Kalau satu orang berbuat baik, maka 275 juta orang Indonesia akan membuat kebaikan yang sangat dahsyat di seluruh dunia,” tutupnya. 



(Mediacenter Riau/MC Riau)

Struktur PPID

Struktur Pejabat Pengelola dan Dokumentasi (PPID) Riau

IR. S. F. HARIYANTO M. T.,

Pj. Gubernur Riau

-

Wakil Gubernur

Indra, SE., MM

Pj. Sekretaris Daerah

IKHWAN RIDWAN, SH, M.Si

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik

Penghargaan

Daftar Penghargaan Pemerintah Provinsi Riau

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII "baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII “baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan pembina K3 terbaik

Penghargaan pembina K3 terbaik

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

Informasi PPID

Informasi Data PPID Riau

Informasi Publik

611

  • 260 Tersedia Setiap Saat
  • 301 Berkala
  • 44 Serta Merta
  • 6 Dikecualikan

Permohonan Informasi

331

  • 93 Selesai
  • 181 Ditolak
  • 57 Sedang Proses

Member PPID

418

  • 417 Aktif
  • 1 Tidak Aktif

Info Grafis

Daftar Info Grafis

PPID OPD

Daftar link website PPID Pembantu Provinsi Riau

PPID Kabupaten/Kota

Daftar link website PPID Kabupaten/Kota

Kota Dumai Kab. Siak Kab. Bengkalis Kab. Rokan Hilir Kab. Rokan Hulu Kab. Pelalawan Kab. Kepulauan Meranti Kota Pekanbaru Kab. Kuansing Kab. Kampar Kab. Indragiri Hulu Kab. Indragiri Hilir