ppid@riau.go.id (0761) 45505
Bandara SSK II Pekanbaru Tetap Beroperasi  Sebagai Bandara Internasional

Bandara SSK II Pekanbaru Tetap Beroperasi Sebagai Bandara Internasional

  • PPID UTAMA
  • 26 April 2024
  • 44 View

PEKANBARU - Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru ditetapkan menjadi Bandara Internasional. Penetapan ini berdasarkan Surat Keputusan Menteri Perhubungan, Nomor 31 Tahun 2024 tanggal 2 April 2024.

Dalam SK tersebut disebutkan, bahwa Bandara SSK II Pekanbaru tetap beroperasi sebagai bandara internasional. Penetapan tersebut menandai langkah penting dalam penyesuaian infrastruktur penerbangan di Indonesia.

Executive General Manager Bandara SSK II Pekanbaru, Radityo Purwoko, mengatakan,  jumlah bandara internasional di Indonesia yang sebelumnya mencapai 32 bandara, kini berkurang menjadi hanya 17 bandara internasional. 

“Bandara SSK II Pekanbaru terpilih untuk tetap menjadi salah satu dari 17 Bandara Internasional. Sebagai bagian dari jaringan Bandara internasional Indonesia," kata Radityo, Jumat (26/4). 

Bandara SSK II Pekanbaru telah terbukti menjadi pilihan utama bagi wisatawan, dan pengusaha baik dari dalam negeri maupun mancanegara. Kehadiran kami sebagai bandara internasional turut mendorong pertumbuhan ekonomi dan pariwisata di Provinsi Riau,” ujar Radityo. 

Dijelaskannya, pada tahun 2023, pihaknya mencatat peningkatan lalu lintas penerbangan internasional yang signifikan sebesar 100 persen, dibandingkan dengan tahun 2019. Peningkatan ini menunjukkan bahwa Bandara SSK II Pekanbaru menjadi destinasi yang semakin diminati oleh wisatawan, dan pelaku bisnis internasional.

"Tidak hanya itu, tren yang positif ini terus berlanjut hingga tahun 2024, dengan jumlah penerbangan internasional yang semakin meningkat dari waktu ke waktu.

“Kami sangat bangga dan bersyukur atas keputusan yang menjadikan Bandara SSK II Pekanbaru tetap beroperasi sebagai bandara internasional. Ini menegaskan peran strategis kami dalam mendukung konektivitas udara regional dan global, serta dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan pariwisata di Sumatra dan sekitarnya,” ujar Radityo. 

Dia juga menegaskan, komitmen Bandara SSK II Pekanbaru untuk terus meningkatkan pelayanan kepada para penumpang internasional, serta berperan aktif dalam memajukan industri penerbangan dan pariwisata di Indonesia. 

“Kami akan terus berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi semua pengguna jasa kami, serta bekerja sama dengan berbagai pihak untuk menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pertumbuhan sektor penerbangan dan pariwisata," ungkapnya.

Manajemen Bandara SSK II Pekanbaru berterima kasih kepada pemerintah pusat, otoritas penerbangan, mitra bisnis, dan masyarakat atas dukungan yang berkelanjutan dalam menjaga dan mengembangkan status bandara ini sebagai salah satu gerbang utama bagi Indonesia dalam arus perjalanan internasional.



(Mediacenter Riau/ji)

Struktur PPID

Struktur Pejabat Pengelola dan Dokumentasi (PPID) Riau

IR. S. F. HARIYANTO M. T.,

Pj. Gubernur Riau

-

Wakil Gubernur

Indra, SE., MM

Pj. Sekretaris Daerah

IKHWAN RIDWAN, SH, M.Si

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik

Penghargaan

Daftar Penghargaan Pemerintah Provinsi Riau

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII "baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII “baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan pembina K3 terbaik

Penghargaan pembina K3 terbaik

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

Informasi PPID

Informasi Data PPID Riau

Informasi Publik

611

  • 260 Tersedia Setiap Saat
  • 301 Berkala
  • 44 Serta Merta
  • 6 Dikecualikan

Permohonan Informasi

327

  • 93 Selesai
  • 181 Ditolak
  • 53 Sedang Proses

Member PPID

411

  • 410 Aktif
  • 1 Tidak Aktif

Info Grafis

Daftar Info Grafis

PPID Kabupaten/Kota

Daftar link website PPID Kabupaten/Kota

Kota Dumai Kab. Siak Kab. Bengkalis Kab. Rokan Hilir Kab. Rokan Hulu Kab. Pelalawan Kab. Kepulauan Meranti Kota Pekanbaru Kab. Kuansing Kab. Kampar Kab. Indragiri Hulu Kab. Indragiri Hilir