ppid@riau.go.id (0761) 45505
Bersama Pemkab Kampar, Pemprov Riau Launching Gerakan Pangan Murah

Bersama Pemkab Kampar, Pemprov Riau Launching Gerakan Pangan Murah

  • PPID UTAMA
  • 27 February 2024
  • 161 View

 KAMPAR- Gerakan Pangan Murah Pasar Tani di Kabupaten Kampar diharapkan dijadikan momentum bagi masyaraat untuk memenuhi kebutuhan dengan harga yang murah dan terjangkau.

Hal ini disampaikan Kadis Ketahanan Pangan Provinsi Riau Syahlefi saat launching Gerakan Pangan Murah, yang diselenggarakan  di Kantor Desa Karya Indah Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar, Selasa (27/2/2024).

“Mari manfaatkan momentum ini untuk berbelanja guna memenuhi kebutuhan pangan keluarga, dan diharapkan kepada masyarakat juga dapat memanfaatkan beras yang disediakan oleh Bulog pada saat GPM maupun tidak. Namun demikian perlu juga kami ingatkan, berbelanjalah sesuai kebutuhan dan jangan berbelanja berdasarkan keinginan,”ungkapnya.

Ia juga mengatakan, Pada bulan Januari 2024 inflasi Riau mencapai 2.35Yo yang menyebabkan naiknya beberapa harga komoditi pangan terutama di komoditi cabai dan beras, komoditi beras mengalami kenaikan harga yang signifikan di berbagai daerah khususnya Prov Riau. Harga beras Premium menjadi lebih tinggi dari HET (Harga Eceran Tertinggi) hal ini menyebabkan semakin berkurangnya daya beli masyarakat. 

“Guna menyikapi fenomena tersebut, selaku pemerintah daerah, tentunya kami harus bertindak cepat dengan melakukan Gerakan Pangan Murah atau yang dikenal dengan GPM, Pasar Tani dan Gerakan Tanam Cabe dengan maksud agar masyarakat bisa mendapatkan bahan pangan lebih murah dari harga pasar namun berkualitas, serta sebagai upaya pemenuhan pangan keluarga terutama cabe secara mandiri,“Tutupnya.

Sementara itu, Pj Bupati Kampar yang diwakili oleh Asisten III Ir Azwan, M Si mengapresiasi dan berterima kasih atas Gerakan Pangan Murah yang digelar oleh Provinsi Riau dan Kabupaten Kampar.

“Tentunya nanti Kabupaten Kampar juga melakukan Pasar murah diseluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Kampar dalam rangka Ketersediaan Pokok Pangan menghadapi Bulan Suci Ramadan”ungkapnya.

Asisten III Setdakab Kampar Azwan Juga berharap Bank Indonesia dan Komponen Lainnya untuk dapat selalu berkontribusi meringankan beban Masyarakat, apalagi harga pangan Melonjak Naik.

“Gerakan Pangan murah ini untuk meringankan beban masyarakat kita yang kurang mampu, karena menjelang Bulan Ramadhan ini kecendrungan Kenaikan Harga Bahan Pokok, sehingga Pemkab Kampar terus berupaya untuk menstabilkan harga, menjaga laju inflasi.Untuk itu, Semoga dengan Gerakan Pangan murah ini dapat bermanfaat dan membantu masyarakat Kampar, sehingga juga dapat menekan angka Inflasi di Provinsi Riau Khususnya di Kabupaten Kampar,”tutupnya.

Gerakan Pangan Murah ini diinisiasikan oleh Badan Pangan Nasional dan Bank Indonesia dan dihadiri Kepala Perwakilan Bank Indonesia Panji Ahmad, Kadis Ketahanan Pangan Kampar Muhammad, Camat Tapung Sofiandi dan Pj Kades Karya Indah Oki serta Masyarakat.

 

 



(Mediacenter Riau/mlb)

Struktur PPID

Struktur Pejabat Pengelola dan Dokumentasi (PPID) Riau

IR. S. F. HARIYANTO M. T.,

Pj. Gubernur Riau

-

Wakil Gubernur

Indra, SE., MM

Pj. Sekretaris Daerah

IKHWAN RIDWAN, SH, M.Si

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik

Penghargaan

Daftar Penghargaan Pemerintah Provinsi Riau

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII "baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII “baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan pembina K3 terbaik

Penghargaan pembina K3 terbaik

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

Informasi PPID

Informasi Data PPID Riau

Informasi Publik

611

  • 260 Tersedia Setiap Saat
  • 301 Berkala
  • 44 Serta Merta
  • 6 Dikecualikan

Permohonan Informasi

327

  • 93 Selesai
  • 181 Ditolak
  • 53 Sedang Proses

Member PPID

411

  • 410 Aktif
  • 1 Tidak Aktif

Info Grafis

Daftar Info Grafis

PPID Kabupaten/Kota

Daftar link website PPID Kabupaten/Kota

Kota Dumai Kab. Siak Kab. Bengkalis Kab. Rokan Hilir Kab. Rokan Hulu Kab. Pelalawan Kab. Kepulauan Meranti Kota Pekanbaru Kab. Kuansing Kab. Kampar Kab. Indragiri Hulu Kab. Indragiri Hilir