ppid@riau.go.id (0761) 45505
Buka Rakor Akhir Gugus Tugas Reforma Agraria Provinsi Riau 2023, Ini Harapan Gubri Edy Nasution

Buka Rakor Akhir Gugus Tugas Reforma Agraria Provinsi Riau 2023, Ini Harapan Gubri Edy Nasution

  • PPID UTAMA
  • 12 December 2023
  • 212 View

PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) Brigjen TNI (Purn) Edy Natar Nasution resmi membuka rapat koordinasi akhir Gugus Tugas Reforma Agraria Provinsi Riau 2023 di Hotel The Zuri Pekanbaru, Selasa (12/12/2023).

Rapat tersebut juga dihadiri oleh Direktur Pemberdayaan Tanah Masyarakat (PTM) Kementerian Agraria dan Tata Ruang / Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Republik Indonesia Budi Martono secara virtual.

Saat memberikan sambutan, Edy Nasution menyampaikan bahwa bicara tentang tanah tentu tidak kalah penting dari berbagai hal penting lainnya. Karena dalam Undang- Undang Dasar tahun 1945 telah jelas mengamanatkan bahwa tanah harus dipergunakan bagi sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat.

"Tanah bukan hanya sebagai tempat tinggal dan bercocok tanam, tetapi juga mempunyai nilai jika dilihat dari berbagai aspek seperti historis, religius, politik, dan keamanan dan aspek-aspek lainnya," kata Edy Nasution.

"Tanah juga merupakan salah satu faktor dalam menunjang pertumbuhan ekonomi, menjaga keutuhan dan perekat Negara Kesatuan Republik Indonesia," tambahnya.

Ia juga menjelaskan bahwa pelaksanaan Reforma Agraria sebagai salah satu upaya untuk menata kembali antara masyarakat dengan keadaan tanah, yaitu menata kembali dalam hal baik penguasaan, pemilikan, penggunaan dan pemanfaatannya secara berkeadilan.

"Tentu ini menjadi perhatian kita secara bersama-sama dan berkolaborasi, oleh karena itu diperlukan keterlibatan seluruh sumber daya yang ada secara optimal baik dari internal BPN sendiri maupun kita yang dari pemerintah daerah, termasuk seluruh komponen yang ada," ujarnya

"Bahkan unsur agama, tokoh masyarakat dan sebagainya secara bersama-sama untuk kemakmuran masyarakat dalam rangka mendukung tercapainya tujuan Reforma Agraria, yaitu terselenggaranya aset reform disertai akses reform," imbuhnya.

Selanjutnya agar Reforma Agraria di Provinsi Riau yang kita cintai ini dapat berjalan lebih baik lagi, maka pemprov Riau selalu menginstruksikan kepada seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah terkait, agar dapat mensinkronisasikan seluruh program-programnya dengan Reforma Agraria yang dilaksanakan Kementerian ATR/BPN.

"Sehingga yang kita laksanakan disini ujungnya adalah bermuara pada program yang dibuat oleh ATR/BPN supaya Kuta betul-betul melaksanakan kegiatan ini dan terkoordinasi dengan baik," pungkasnya

Ia mengungkapkan bahwa, penataan akses yang dimaksud seperti fasilitasi pengembangan usaha, fasilitasi akses pemasaran, dan fasilitasi infrastruktur pendukung pelaku usaha. Sehingga penataan akses atau disebut juga pemberdayaan tanah masyarakat bisa terealisasi dengan baik.

Melalui rapat koordinasi akhir Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) Gubernur Edy Nasution berharap akan terbangun komitmen yang kuat dan bersinergi secara baik dari seluruh pihak terkait dalam mensukseskan Reforma Agraria di Provinsi Riau.

"Melalui kerjasama yang solid kami berkeyakinan bahwa reforma Agraria ini dapat berjalan dengan baik yaitu mencapai tujuan utamanya yakni tahan untuk sebesar-besarnya bagi kemakmuran rakyat," tutupnya.

Saat pembukaan rapat, Edy Nasution didampingi langsung Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Riau, Mamun Murod turut hadir Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Riau Asnawati, Tim Gugus Tugas Reforma Agraria serta tamu undangan lainnya.



(Mediacenter Riau/sam)

Struktur PPID

Struktur Pejabat Pengelola dan Dokumentasi (PPID) Riau

IR. S. F. HARIYANTO M. T.,

Pj. Gubernur Riau

-

Wakil Gubernur

Indra, SE., MM

Pj. Sekretaris Daerah

IKHWAN RIDWAN, SH, M.Si

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik

Penghargaan

Daftar Penghargaan Pemerintah Provinsi Riau

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII "baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII “baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan pembina K3 terbaik

Penghargaan pembina K3 terbaik

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

Informasi PPID

Informasi Data PPID Riau

Informasi Publik

611

  • 260 Tersedia Setiap Saat
  • 301 Berkala
  • 44 Serta Merta
  • 6 Dikecualikan

Permohonan Informasi

327

  • 93 Selesai
  • 181 Ditolak
  • 53 Sedang Proses

Member PPID

411

  • 410 Aktif
  • 1 Tidak Aktif

Info Grafis

Daftar Info Grafis

PPID Kabupaten/Kota

Daftar link website PPID Kabupaten/Kota

Kota Dumai Kab. Siak Kab. Bengkalis Kab. Rokan Hilir Kab. Rokan Hulu Kab. Pelalawan Kab. Kepulauan Meranti Kota Pekanbaru Kab. Kuansing Kab. Kampar Kab. Indragiri Hulu Kab. Indragiri Hilir