ppid@riau.go.id (0761) 45505
Wamen ATR/BPN Resmi Membuka Sumatera Youth Summit 2023 di Riau

Wamen ATR/BPN Resmi Membuka Sumatera Youth Summit 2023 di Riau

  • PPID UTAMA
  • 18 November 2023
  • 267 View

PEKANBARU - Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Raja Juli Antoni, resmi membuka Konferensi Pemuda Sumatera (Sumatra Youth Summit) tahun 2023 di Provinsi Riau. Agenda yang ditaja oleh organisasi mahasiswa tersebut memiliki tema “Dari Sumatera Untuk Indonesia”.

Turut hadir pada pertemuan itu, Plt Gubernur Riau yang diwakili Asisten I Setdaprov Riau Masrul Kasmy, Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal, jajaran Forkopimda Riau dan organisasi mahasiswa terkait. Kegiatan ini berlangsung di Gedung Daerah Pauh Janggi, Komplek Kediaman Gubernur, Kota Pekanbaru, Jumat (17/11/2023) malam.

Dikatakan Wamen ATR/BPN, bahwa pertemuan seperti ini tentunya sejalan dengan jiwa kepemudaan bangsa. Ia berbagi pengalaman kepada para mahasiswa bagaimana bisa menjadi generasi yang berguna.

“Ketika mahasiswa, bagi saya ada tiga peran penting bagi mahasiswa, kalau saya rumuskan  pertama itu adalah buku, kedua cinta, dan yang ketiga pesta,” katanya.

Dijelaskan, maksud dari buku adalah, bagaimana pentingnya mengembangkan ilmu pengetahuan, menikmati momentum-momentum saat menjadi mahasiswa, di mana memiliki kesempatan untuk membaca apa saja. Setelah itu dilakukan diskusi bersama sehingga munculah ide dan gagasan.

“Kedua cinta, mencintai luar bisa, menurut saya ketika masih menjadi mahasiswa sudah saatnya untuk memberi perhatian lebih terhadap tanah air. Contohnya peduli terhadap lingkungan dan sosial kita yang ada saat ini,” jelasnya.

Kemudian, rumusan yang ketiga adalah pesta. Menurutnya pesta ini adalah kegembiraan, tidak terlalu dalam makna party yang kemudian menjadi gemerlap malam, tetapi pada saat inilah mahasiswa juga harus menikmati hidup sebagai mahasiswa dengan kehidupan yang seimbang. 

“Seperti menggalang aksi sosial, menjadi mahasiswa pencita alam, bergaul tidak mengurung diri, dan banyak macamnya lagi. Di mana sesungguhnya itulah yang membuat kehidupan kita menjadi lebih bergairah,” lanjutnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Nofra Khairon, menerangkan Konferensi Pemuda Sumatera (Sumatra Youth Summit) adalah sebuah wadah penting. Konferensi ini membawa pemuda-pemuda berbakat dan bersemangat dari seluruh Sumatera yang berkumpul di Riau. 

Ia menambahkan, acara ini tidak hanya sekadar pertemuan, tetapi juga sebuah langkah proaktif untuk merumuskan visi bersama dan mewujudkan perubahan positif di tingkat regional. 

“Dalam kegiatan ini, kita akan bukan hanya pertemuan, tapi merupakan panggung inspirasi, gagasan, dan kolaborasi yang akan membentuk masa depan kita,” terangnya.

Diungkapkan, pemuda adalah kekuatan pendorong perubahan. Dengan begitu, melalui forum konferensi tersebut generasi saat ini dapat memiliki kesempatan untuk menggali ide-ide brilian, membangun jejaring, dan bersatu demi mencapai tujuan bersama.

“Oleh karena itu, mari kita jadikan momentum ini sebagai landasan untuk aksi nyata dan transformasi positif,” ungkapnya.

Asisten I Setdaprov Riau Masrul Kasmy,  berharap dari kegiatan yang mengumpulkan organisasi mahasiswa di bawah naungan Cipayung Plus ke Provinsi Riau dapat menjadikan daerah semakin maju. Dengan begitu, generasi emas Indonesia tahun 2045 dapat bisa terwujud dengan dorongan bersama.

“Satu kesempatan yang baik bagi daerah ini untuk menjadi maju dan terdepan. Semoga apa yang dilakukan oleh adik-adik kami yang tergabung dalam Cipayung plus dan berbagai organisasi kepemudaan ini bisa mendorong kemajuan daerah kita. Sehingga kejayaan itu akan terwujud pada tahun Indonesia emas tahun 2045 mendatang.” pungkasnya.(MC Riau/bib)



(Mediacenter Riau/bib)

Struktur PPID

Struktur Pejabat Pengelola dan Dokumentasi (PPID) Riau

IR. S. F. HARIYANTO M. T.,

Pj. Gubernur Riau

-

Wakil Gubernur

Indra, SE., MM

Pj. Sekretaris Daerah

IKHWAN RIDWAN, SH, M.Si

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik

Penghargaan

Daftar Penghargaan Pemerintah Provinsi Riau

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII "baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII “baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan pembina K3 terbaik

Penghargaan pembina K3 terbaik

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

Informasi PPID

Informasi Data PPID Riau

Informasi Publik

611

  • 260 Tersedia Setiap Saat
  • 301 Berkala
  • 44 Serta Merta
  • 6 Dikecualikan

Permohonan Informasi

327

  • 93 Selesai
  • 181 Ditolak
  • 53 Sedang Proses

Member PPID

411

  • 410 Aktif
  • 1 Tidak Aktif

Info Grafis

Daftar Info Grafis

PPID Kabupaten/Kota

Daftar link website PPID Kabupaten/Kota

Kota Dumai Kab. Siak Kab. Bengkalis Kab. Rokan Hilir Kab. Rokan Hulu Kab. Pelalawan Kab. Kepulauan Meranti Kota Pekanbaru Kab. Kuansing Kab. Kampar Kab. Indragiri Hulu Kab. Indragiri Hilir