ppid@riau.go.id (0761) 45505
Raih 7 Medali Emas, Riau di Puncak Sementara Klasemen Porwil Sumatera XI

Raih 7 Medali Emas, Riau di Puncak Sementara Klasemen Porwil Sumatera XI

  • PPID UTAMA
  • 05 November 2023
  • 148 View

PEKANBARU - Tuan rumah Provinsi Riau memimpin sementara perolehan klasemen Pekan Olahraga Wilayah Sumatera (Porwil) XI. Riau berhasil menoreh 7 medali emas dan 3 medali perunggu. 

Kemudian, disusul Provinsi Sumatera Selatan dengan torehan 3 medali emas, dan 4 perak. Sedangkan posisi ketiga Provinsi Sumatera Barat dengan torehan 2 medali emas, 5 perak dan 2 medali perunggu.

Torehan 7 medali emas Riau paling banyak di cabang olahraga renang, di mana Riau berhasil meraih 5 medali emas. Sedangkan untuk emas perdana Riau, disumbangkan oleh tim cabor barongsai dari kelas Pekingsai kecepatan. 

Pada cabor barongsai, tim Riau berhasil mencatatkan waktu tercepat 1.18 detik. Atlet Barongsai Riau yang turun di nomor Pekingsai diantaranya, Erik, Rio Febrian, Steven Saputra, Risman Tua dan Binsar Sianturi.

Kelima atlet ini berhasil mencatatkan waktu tercepat secara nasional. Emas kedua Riau juga disumbangkan tim Barongsai nomor Barongsai kecepatan, atas nama atlet Muhammad Sandi dan Wahyu Hadi.

Sedangkan untuk 5 medali emas dari cabor renang, dipersembahkan perenang putri dan putra Riau. Untuk perenang andalan putri Ananda Treciel Vanesse Evato meraih medali emas di nomor gaya ganti perorangan 400 meter, catatan waktu 5:24.05 detik. 

Selanjutnya, nomor gaya bebas estafet 4x200 perenang putri Riau Fany Rahmadani, Lovely Quensha, Keisa Septia dan Anandia Vanessia. Emas ketiga kembali dipersembahkan oleh Fany Rahmadani yang turun di nomor gaya punggung 200 meter dengan catatan waktu 2:34.41 detik.

Emas keempat dari renang ditorehkan perenang putra Riau, gaya bebas estafet putra 4x200 meter diantaranya Dzimar Alfat, Dimas Prayogo, Faizhal Dewantara, M Ricky Dewantara. Lalu, emas kelima ditorehkan perenang Putra M Ricky Pratama turun di nomor 50 meter gaya bebas dengan catatatn waktu 24,71 detik. 

Ketua umum KONI Riau, Iskandar Hoesin, bersyukur atas torehan medali dihari pertama pelaksanaan Porwil Sumatera di Provinsi Riau. Cabor renang dan Barongsai memang ditargetkan bisa memberikan pundi-pundi medali emas bagi kontingen Riau. Ia pun berharap kedua Cabor ini masih bisa mempersembahkan medali emas bagi kontingen Riau.

“Alhamdulillah Sementara kita berhasil meraih 7 medali emas, tentunya kita tetap berharap akan terus bertambah torehan medali dari kedua Cabor ini renang dan Barongsai. Selanjutnya Cabor lain juga tetap kita harapkan bisa ikut menyumbangkan medali emas, untuk memperkokoh kita berada di puncak,” harap Iskandar Hoesin.

Dijelaskan Iskandar Hoesin, ia juga menyempatkan diri meninjau beberapa pertandingan Cabor. Termasuk salah satunya Cabor Sepakbola, dimana tim Porwil Riau berhasil meraih kemenangan pertama menghadapi Bengkulu dengan skor yang cukup meyakinkan 5-0. 

“Sepakbola juga kita harapkan bisa menembus final. Kemenangan pertama ini menjadi modal kita untuk bisa lolos ke babak semifinal. Saya berharap tim Sepakbola Riau bisa terus tampil maksimal, dan lolos ke PON untuk pertama kalinya,” kata Iskandar Hoesin. (MC Riau/Ji) 



(Mediacenter Riau/ji)

Struktur PPID

Struktur Pejabat Pengelola dan Dokumentasi (PPID) Riau

IR. S. F. HARIYANTO M. T.,

Pj. Gubernur Riau

-

Wakil Gubernur

Indra, SE., MM

Pj. Sekretaris Daerah

IKHWAN RIDWAN, SH, M.Si

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik

Penghargaan

Daftar Penghargaan Pemerintah Provinsi Riau

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII "baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII “baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan pembina K3 terbaik

Penghargaan pembina K3 terbaik

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

Informasi PPID

Informasi Data PPID Riau

Informasi Publik

611

  • 260 Tersedia Setiap Saat
  • 301 Berkala
  • 44 Serta Merta
  • 6 Dikecualikan

Permohonan Informasi

327

  • 93 Selesai
  • 181 Ditolak
  • 53 Sedang Proses

Member PPID

411

  • 410 Aktif
  • 1 Tidak Aktif

Info Grafis

Daftar Info Grafis

PPID Kabupaten/Kota

Daftar link website PPID Kabupaten/Kota

Kota Dumai Kab. Siak Kab. Bengkalis Kab. Rokan Hilir Kab. Rokan Hulu Kab. Pelalawan Kab. Kepulauan Meranti Kota Pekanbaru Kab. Kuansing Kab. Kampar Kab. Indragiri Hulu Kab. Indragiri Hilir