ppid@riau.go.id (0761) 45505
9 Orang Mahasiswa UIN Suska Riau Laksanakan KKN di Thailand

9 Orang Mahasiswa UIN Suska Riau Laksanakan KKN di Thailand

  • PPID UTAMA
  • 04 November 2023
  • 159 View

PEKANBARU - Sebanyak Sembilan orang mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Negeri Gajah Putih, Thailand Selatan. Hal ini sebagai wujud Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau gemilang dan terbilang yang terus melangkah dan berkiprah di dunia internasional.

Kegiatan KKN Luar Negeri yang ditaja oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau ini dilaksanakan selama lebih kurang dua bulan, akhir Juli 2023 hingga akhir September 2023.

Kedatangan mahasiswa yang akan ber-KKN di tiga provinsi Thailand Selatan ini ditandai dengan acara penyambutan, penandatangan MoU dengan sekolah-sekolah penerima mahasiswa, dan serah terima mahasiswa dengan pihak sekolah. Turut hadir pada kegiatan ini pejabat pemerintah setempat, pimpinan PERSAIT dan utusan sekolah.

Beberapa program kegiatan yang dilaksanakan mahasiswa  tersebut yaitu dibidang sosial meliputi memberikan bantuan kepada anak yatim di salah satu Panti Asuhan di Thailand Selatan, penggalangan dana dan relawan bencana meledaknya pabrik petasan di Munok, Thailand dan membantu warga pada acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Dibidang kesehatan meliputi membersihkan bak air wudhu musholla bersama anak-anak setempat, bergotong royong bersama para pemudi di Saiburi distric membersihkan lingkungan sekitar agar terhindar dari penyakit dan lebih sehat dan hari anak tanpa cacing.

Kemudian, pada bidang kebudayaan dilakukan pembuatan makanan khas thailand dan Indonesia, menjadi panitia serta berpartisipasi sekaligus dalam kegiatan festival buah, memperingati Hari Asyura sebagai tradisi Islam di Asia Tenggara dengan membuat bubur asyura di Saiburi district dan Mueang Narathiwat, memeriahkan festival  penangkapan ikan, Memperkenalkan budaya Indonesia pada masyarakat Rajaprajanugroh 39 school,  Narathiwat, Thailand Selatan pada pawai dalam memperingati hari sukan guru dengan memakai baju adat Indonesia dan Sosialisasi salah satu makanan Indonesia bersama siswa Mathayom di Sukansart Wittaya School. Pada bidang pendidikan meliputi Mengenalkan bumi Pertiwi kepada para pelajar di negeri gajah putih, menjadi tutor Academic Camp, melaksanakan seminar, Mengajar di sekolah-sekolah yang ada di Thailand dan Pengamatan Fenomena Super Blue Moon.

Selanjutnya Pada bidang keagamaan meliputi mengajari siswa mengaji qiroati dan hapalan surat pendek, bimbingan baca al-qur’an, bimbingan nasyid, mengajar tpa (taman pendidikan al-quran), dan kholaqoh al-qur’an. Pada bidang Ekonomi, kegiatan yang dilakukan ialah Memanen buah Durian di Sungai Padi, Memanen Buah Rambutan dan kunjungan dan dukungan pasar apung. Pada bidang kebersihan dilaksanakan Big cleaning day di Masjid Nurul Luthfi, kampanye pencegahan penyakit demam berdarah dan Thai children can swim.

Di akhir kegiatan KKN Luar Negeri ini, Dr. Amirah Diniaty yang juga WD 3 Bidang kemahasiswaan dan Kerjasama Fak.Tarbiyah menghadiri acara penutupan yang dilaksanakan di Konsulat Republik Indonesia. Turut hadir juga ketua konsulat RI Songkhla, Suwargana Pringganu, Diara Rizky sebagai pendamping KKN.

“Kita berharap kegiatan ini akan memberikan pengalaman internasional kepada mahasiswa sehingga dapat menemukan dan mencarikan solusi dari problem kemasyarakatan sesuai dengan bidang keilmuan yang dimiliki,” Ujar Dr. Amirah.

 

 



(Mediacenter Riau/mlb)

Struktur PPID

Struktur Pejabat Pengelola dan Dokumentasi (PPID) Riau

IR. S. F. HARIYANTO M. T.,

Pj. Gubernur Riau

-

Wakil Gubernur

Indra, SE., MM

Pj. Sekretaris Daerah

IKHWAN RIDWAN, SH, M.Si

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik

Penghargaan

Daftar Penghargaan Pemerintah Provinsi Riau

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII "baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII “baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan pembina K3 terbaik

Penghargaan pembina K3 terbaik

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

Informasi PPID

Informasi Data PPID Riau

Informasi Publik

611

  • 260 Tersedia Setiap Saat
  • 301 Berkala
  • 44 Serta Merta
  • 6 Dikecualikan

Permohonan Informasi

327

  • 93 Selesai
  • 181 Ditolak
  • 53 Sedang Proses

Member PPID

411

  • 410 Aktif
  • 1 Tidak Aktif

Info Grafis

Daftar Info Grafis

PPID Kabupaten/Kota

Daftar link website PPID Kabupaten/Kota

Kota Dumai Kab. Siak Kab. Bengkalis Kab. Rokan Hilir Kab. Rokan Hulu Kab. Pelalawan Kab. Kepulauan Meranti Kota Pekanbaru Kab. Kuansing Kab. Kampar Kab. Indragiri Hulu Kab. Indragiri Hilir