ppid@riau.go.id (0761) 45505
Kick Off Gerakan Nasional Ketahanan Pangan,Danrem 031/Wira Bima Bersama Pj Bupati Kampar Lakukan Panen Padi

Kick Off Gerakan Nasional Ketahanan Pangan,Danrem 031/Wira Bima Bersama Pj Bupati Kampar Lakukan Panen Padi

  • PPID UTAMA
  • 01 November 2023
  • 106 View

KAMPAR- Dalam rangka Gerakan Nasional Ketahanan Pangan, Komandan Korem 031 Wira Bima Brigjen TNI Dany Rakca bersama Pj Bupati Kampar Muhammad Firdaus, menghadiri Kick Off Gerakan Nasional Ketahanan Pangan dan memanen padi bersama, di Desa Simpang Kubu Kecamatan Kampar, Rabu (1/11/2023).

Gerakan Nasional Ketahanan Pangan 2023 ini merupakan Dalam rangka HUT TNI Ke-78 dengan Tema “Ketahanan Pangan Untuk Indonesia Maju.”

Pada kesempatan tersebut,Komandan Korem 031 Wira Bima Brigjen TNI Dany Rakca, S.A.P, M. HAN mengatakan terimakasih sebesar-besarnya kepada semua yang telah mendukung kegiatan ini dalam rangka Kick Off Mensukseskan Gerakan Nasional Ketahanan Pangan.

Dandrem juga mengatakan, kenapa TNI peduli terhadap kondisi ketahanan pangan Indonesia, karna ketahanan pangan di indonesia sedang tidak baik baik saja sesuai dengan Instruksi Presiden. Ada pengaruh yang berpotensi bisa menurunkan pangan kita, salah satunya merupakan peperangan Ukraina dan peperangan Palestina serta Iklim Global.

“Provinsi Riau secara peningkatan pertumbuhan ekonomi yang didukung oleh Gubernur dan Bupati/Walikota beserta jajaran merupakan terjadi peningkatan beberapa aspek khususnya ketahanan pangan dan walaupun terjadi peningkatan kita juga perlu peningkatan penyempurnaan,”terangnya.

“Untuk itu, TNI sesuai dengan Instruksi Presiden kami diperintahkan untuk membantu Pemerintah dalam mensukseskan pembangunan termasuk pembangunan ketahanan pangan, ini merupakan langkah yang terbaik dalam meningkatkan ketahanan pangan kita supaya stabil serta meningkat,”ungkapnya.

Sementara itu, Pj Bupati Kampar Muhammad Firdaus, mengatakan bahwa,dengan panen raya diharapkan bisa dijadikan contoh bagi petani padi yang lain di seluruh Kabupaten Kampar sehingga apa yang kita ingin bersama yakni tercapainya swasembada pangan di Kabupaten Kampar dan kita mampu mencukupi kebetuhan beras untuk masyarakat sehingga desa-desa yang ada di Kabupaten Kampar makmur maju dan sejahtera sehingga ketahanan pangan dikabupaten Kampar dapat kita wujudkan

“Kami yakin, dengan kerja keras, kerja ikhlas para petani yang didukung dan dibimibing oleh Dinas tekait serta TNI mampu memberikan kontribusi di sektor pertanian,”ungkapnya.

Ia juga menjelaskan bahwa saat ini Pemerintah Kabupaten Kampar bersama dengan pemangku kepentingan dan seluruh petani padi di Kabupaten Kampar telah berkomitmen untuk meningkat hasil pertanian khususnya padi/gabah guna mewujudkan swasembada dan ketahanan pangan di Kabupaten Kampar.   

“Pembangunan pertanian khsususnya tanaman pangan dan hortikultura mempunyai peranan yang sangat penting dalam mewujudkan stabilitas nasional sehingga harus dilaksanakan secara berkelanjutan dan berkesinambungan. Stabilitas nasional selalu berkaitan dengan ketersediaan pangan yang cukup memadai bagi kebutuhan masyarakat.”

“Dan untuk mewujudkan ketersedian pangan yang cukup bagi masyarakat di Kabupaten Kampar, Pemerintah Kabupaten Kampar telah melakukan langkah-langkah nyata didukung TNI.”ungkapnya,"terangnya.

“Kami berharap dengan teknologi yang unggul, kualitas benih, pemanfaatan bahan-bahan organik yang mudah didapat, pendampingan, kemitraan, serta proses pengolahan yang unggul hasil pertanian akan lebih baik, dan petani Kampar akan lebih maju dan sejahtera,”harapnya

Setelah Panen Raya Dalam rangka Gerakan Nasional Ketahanan Pangan, Pj Bupati Kampar Muhammad Firdaus, SE, MM bersama Komandan Korem 031 Wira Bima Brigjen TNI Dany Rakca, S.A.P, M. HAN dan Dandim 0313/KPR Letkol. Arh. Mulyadi, M.IP serta Forkopimda Lainnya melakukan Zoom Meeting seluruh Daerah di Indonesia yang di Pimpin oleh Wakil Presiden Prof. Dr. K.H. Ma’ruf Amin didampingi oleh Kapolri dan Panglima TNI beserta jajaran.

Panen Raya tersebut dihadiri, Pj Bupati Kampar Muhammad Firdaus, SE, MM bersama Komandan Korem 031/ Wira Bima Brigjen TNI Dany Rakca, S.A.P, M. HAN, Dandim 0313/KPR Letkol.Arh. Mulyadi, M,IP, Kejari Kampar Sapta Putra, SH, M. HUM, Kapolres Kampar yang mewakili, Pengadilan Negeri Kampar yang Mewakili, Kepala OPD di Lingkup Pemkab Kampar, Plt. Camat Kampar Riska Jonita, S. STP, Ketua LAK Drs. H. Yusri, M.Si, dan Ninik Mamak Alim Ulama, Ibu/Bapak Petani dan Tamu undangan lainnya.

 

 



(Mediacenter Riau/sa)

Struktur PPID

Struktur Pejabat Pengelola dan Dokumentasi (PPID) Riau

IR. S. F. HARIYANTO M. T.,

Pj. Gubernur Riau

-

Wakil Gubernur

Indra, SE., MM

Pj. Sekretaris Daerah

IKHWAN RIDWAN, SH, M.Si

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik

Penghargaan

Daftar Penghargaan Pemerintah Provinsi Riau

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII "baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII “baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan pembina K3 terbaik

Penghargaan pembina K3 terbaik

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

Informasi PPID

Informasi Data PPID Riau

Informasi Publik

611

  • 260 Tersedia Setiap Saat
  • 301 Berkala
  • 44 Serta Merta
  • 6 Dikecualikan

Permohonan Informasi

327

  • 93 Selesai
  • 181 Ditolak
  • 53 Sedang Proses

Member PPID

411

  • 410 Aktif
  • 1 Tidak Aktif

Info Grafis

Daftar Info Grafis

PPID Kabupaten/Kota

Daftar link website PPID Kabupaten/Kota

Kota Dumai Kab. Siak Kab. Bengkalis Kab. Rokan Hilir Kab. Rokan Hulu Kab. Pelalawan Kab. Kepulauan Meranti Kota Pekanbaru Kab. Kuansing Kab. Kampar Kab. Indragiri Hulu Kab. Indragiri Hilir