ppid@riau.go.id (0761) 45505
PERISAI 2023 Lawan Tantangan Global Melalui Inovasi Perkuat Industri Minyak Sawit

PERISAI 2023 Lawan Tantangan Global Melalui Inovasi Perkuat Industri Minyak Sawit

  • PPID UTAMA
  • 27 October 2023
  • 203 View

SURABAYA - Pekan Riset Sawit Indonesia (PERISAI) 2023 digelar di Hotel Westin Surabaya selama dua hari pada tanggal 25-26 Oktober 2023 ini. Dr Ir M Saleh Mokhtar, MP bertindak selaku moderator dan membuka forum dengan penuh semangat dan intelektualitas. 

Kegiatan ini menjadi acara bergengsi yang telah menjadi wadah utama bagi para ilmuwan, akademisi, praktisi industri kelapa sawit untuk berbagi pengetahuan tentang hasil penelitian terkini, serta mendiskusikan isu-isu krusial yang memengaruhi industri sawit Indonesia.

Adapun narasumber utama pada kegiatan ini adalah Prof Bustanul Arifin dan memberikan wawasan mendalam tentang industri sawit Indonesia. Moderator menyediakan dua sesi pemaparan yang sangat informatif pada PERISAI 2023 ini.

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Dr Meyzi Heriyanto, SSos, MSi dalam paparannya membahas model kolaborasi akar rumput untuk penguatan modal sosial kelembagaan petani swadaya dalam implementasi sertifikasi ISPO di Provinsi Riau.

"Model ini adalah upaya untuk meningkatkan kualitas dan keberlanjutan produksi kelapa sawit di Provinsi Riau dengan melibatkan petani sawit swadaya dalam penerapan ISPO (Indonesian Sustainable Palm Oil)," jelas Dr Meyzi dalam keterangan tertulis, dikutip Jumat (27/10/2023). 

Pemaparan kedua tak kalah penting disamping Prof Dodik Ridho Nurrochmat dari IPB University dari IPB University dengan judul "Keunggulan Minyak Sawit terhadap Minyak Nabati Lain di Empat Benua".

Prof Dodik menyoroti keunggulan minyak sawit sebagai bahan baku utama dalam industri pangan dan non-pangan di berbagai belahan dunia.

Selanjutnya dijelaskan Dr Meyzi bahwa model kolaborasi ini merupakan upaya untuk memfasilitasi kerja sama antara petani sawit swadaya, pemerintah, dan pemangku kepentingan lainnya dalam menerapkan standar ISPO. 

"Tujuannya untuk memastikan bahwa produksi kelapa sawit di Provinsi Riau tetap berkelanjutan dan berdampak positif bagi lingkungan dan masyarakat sekitar," kata Dr Meyzi. 

Karena itu, menurutnya petani sawit swadaya memiliki peran sentral dalam model ini. "Mereka akan diberdayakan untuk memahami dan menerapkan praktik-praktik berkelanjutan, seperti pengelolaan lahan yang baik dan pelestarian lingkungan. Selain itu, mereka akan mendapatkan dukungan teknis dan akses ke pasar yang lebih baik," jelas Meyzi.

Lanjut Meyzi, harapan utamanya adalah menciptakan produksi kelapa sawit yang berkelanjutan di Provinsi Riau, yang mampu memenuhi standar ISPO dan memitigasi dampak negatif pada lingkungan. 

"Dengan melibatkan petani sawit swadaya, dia berharap dapat mencapai tujuan tersebut dan meningkatkan kesejahteraan mereka," tutup Dr Meyzi.

Kegiatan ini turut dihadiri anggota tim peneliti dan beberapa dosen FISIP Universitas Riau, yakni Dr Mayarni, SSos, MSi, Dr Harapan Tua RFS, MSi, Dedi Kusuma Habibie, SIp, MPA, Ahmad Jamaan, SIP, MSi, Masrul Ikhsan, SSos, MSi, Rahmanul, SAP dan Resa Vio Vani, SAP, MAP.

Sebagai informasi Perisai 2023 telah menjadi tonggak penting dalam pembahasan industri sawit Indonesia, dengan memberikan wadah untuk berbagi pengetahuan dan mendorong inovasi yang akan membentuk masa depan yang lebih berkelanjutan bagi sektor ini. Acara ini sendiri membuka jalan untuk kerja sama lebih lanjut dalam memajukan industri sawit tanah air.

Dalam kegiatan ini turut memberikan pandangan dan komentarnya empat penanggap yakni Dr Ir Tungkot Sipayung, selaku Direktur Eksekutif PASPI, Willstra Danny, Tenaga Ahli Direksi Bidang Perubahan Iklim Mutuagung Lestari, Anggun Paramita Mahdi. Lalu, Negosiator Perdagangan/Ketua Tim Afrika, Dit. Perundingan Bilateral Kementerian Perdagangan RI, dan M Padhil Hasan, Ketua Bidang Luar Negeri GAPKI. (MC Riau/HB). 



(Mediacenter Riau/hb)

Struktur PPID

Struktur Pejabat Pengelola dan Dokumentasi (PPID) Riau

IR. S. F. HARIYANTO M. T.,

Pj. Gubernur Riau

-

Wakil Gubernur

Indra, SE., MM

Pj. Sekretaris Daerah

IKHWAN RIDWAN, SH, M.Si

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik

Penghargaan

Daftar Penghargaan Pemerintah Provinsi Riau

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII "baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII “baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan pembina K3 terbaik

Penghargaan pembina K3 terbaik

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

Informasi PPID

Informasi Data PPID Riau

Informasi Publik

611

  • 260 Tersedia Setiap Saat
  • 301 Berkala
  • 44 Serta Merta
  • 6 Dikecualikan

Permohonan Informasi

327

  • 93 Selesai
  • 181 Ditolak
  • 53 Sedang Proses

Member PPID

411

  • 410 Aktif
  • 1 Tidak Aktif

Info Grafis

Daftar Info Grafis

PPID Kabupaten/Kota

Daftar link website PPID Kabupaten/Kota

Kota Dumai Kab. Siak Kab. Bengkalis Kab. Rokan Hilir Kab. Rokan Hulu Kab. Pelalawan Kab. Kepulauan Meranti Kota Pekanbaru Kab. Kuansing Kab. Kampar Kab. Indragiri Hulu Kab. Indragiri Hilir