ppid@riau.go.id (0761) 45505
Cara Pelajar SMAN 9 Pekanbaru Cegah Perundungan dan LGBT

Cara Pelajar SMAN 9 Pekanbaru Cegah Perundungan dan LGBT

  • PPID UTAMA
  • 22 October 2023
  • 248 View

Pekanbaru - Pagi itu hujan mereda, awan masih menggumpal kelabu, ratusan pelajar kelas 10 SMAN 9 Pekanbaru berkumpul di halaman Kantor Gubernur Riau. Kedatangan siswa dan siswi itu untuk menggelar senam dan melakukan orasi kesehatan mental. 

Kala itu, Minggu, (22/10/2023), matahari masih tersipu malu memancarkan arunika. Semalaman, hujan lebat sudah mengguyur Kota Pekanbaru. Meski jarak pandang terhalang embun kabut, para pelajar, guru, dan orang tua, tetap datang ke lokasi acara usai waktu subuh. 

Jarum jam menunjukkan waktu pukul 06.45 WIB. Sisa percik air hujan membumi membasahi lapangan. Senam Sehat P5 (projek penguatan profil pelajar Pancasila) dimulai. Ratusan peserta senam berbaris. Dari atas panggung instruktur mulai menyuarakan aba-aba. Suaranya lantang memberi semangat.

Dentuman alunan lagu Pelajar Pancasila hingga Cikini ke Gondangdia mengiringi peserta senam. Kepala, pundak, lutut, dan kaki, bergerak kompak sesuai instruksi. 

Usai melaksanakan senam, seluruh peserta berjalan kaki menuju area Car Free Pekanbaru (CFD). Lokasinya, tepat berada di bundaran tugu zapin, Jalan Jenderal Sudirman. Sejumlah pelajar mulai berorasi. Menyampaikan pencegahan LGBT, perundungan (Bulying), anxiety dan stress, serta self harm (menyakiti diri sendiri). 

"Berdirinya kami di sini untuk mewakili para korban [perundungan]. Kami menyuarakan keluh kesah korban  Aksi bulying dan cyber bulying.  Permasalahan ini sudah mengkhawatirkan dan memperihatinkan, terutama pada lingkungan sekitar dan media sosial," ujar siswi kelas 10 SMAN Pekanbaru. 

Dia menjelaskan, kondisi saat ini cyber bulying sedang marak. Kondisi ini dibarengi perkembangan teknologi yang semakin pesat. 

"Cyaber Bulying sering terjadi di dunia maya. Hal ini dapat terjadi di media sosial seperti Instagram, Twitter, Tiktok. Selain itu bisa terjadi melalui platform chatting Whatsapp dan Telegram. Kondisi ini bisa berdampak buruk bagi kehidupan sosial dan psikologis korban," ucapnya. 

Kemudian, ada pula pelajar lainnya yang berorasi terkait Anxiety dan stress, atau kecemasan berlebihan. Kondisi ini bisa dialami seseorang lantaran pernah mengalami trauma, dan bisa menyebabkan rasa takut untuk menjalankan kehidupan sehari-hari. 

"Anxiety bisa dicegah dengan cara relaksasi, olahraga teratur, mencukupi waktu tidur, membatasi minuman beralkohol, dan bertukar pikiran dengan orang yang bisa dipercaya. Selain itu, bisa juga berkonsultasi dengan psikiater," ujarnya. 

Dalam orasi itu juga disampaikan cara menghindari prilaku LGBT, yakni dengan cara menjaga kesucian diri dan menghindari tindakan yang bisa merusak moralitas. 

"Dari segi agama, kita harus meningkatkan iman dan taqwa, guna untuk merubah prilaku dan menjauhi dari segala bentuk dosa. LGBT juga dapat dihindari melalui didikan orang tua sejak dini. Pertama anak perempuan harus mendapatkan rasa kasih sayang dari ayahnya, dan tidak memperlakukan anak laki-laki seperti memperlakukan anak perempuan," sebutnya. 

Sementara, Kepala Sekolah SMAN 9 Pekanbaru, Dra Darmina, MPd mengatakan, tujuan kegiatan ini sesuai Kurikulum Merdeka. Tema  yang diusung adalah "Bangunlah Jiwa Raga. Adapun topik yang dipilih yakni "Merangkul dengan Cinta". 

"Jadi satu di antara cara membangun jiwa sehat adalah dengan kegiatan senam sehat P5 dan kegiatan Orasi Kesehatan Mental," kata Darmina di lokasi acara. 

Dijelaskan, P5 merupakan program Kurikulum Merdeka dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sebelumnya, para siswa telah mempelajari senam sehat dan cara bertutur kata. 

Selain itu, para siswa juga  mempelajari dan berorasi terkait pencegahan LGBT, perundungan, Anxiety dan stress, serta self harm. Terkait pencegahan tersebut, pihaknya juga telah melakukan kerja sama dan menghadirkan sejumlah narasumber berkompeten dari rumah sakit dan lembaga terkait lainnya. 

"Setiap hari Jumat dan hari senin kami mengundang narasumber ke sekolah. Ini untuk memberi pemahaman kepada siswa agar bisa mencegah perundungan, LGBT, anxiety dan stress, juga self harm. Kami berharap, dengan adanya kegiatan ini, dan adanya Kurikulum Merdeka yang telah ditetapkan pemerintah bisa mencegah hal-hal negatif, baik itu di lingkungan sekolah dan di luar sekolah," tandas Darmina. (MC Riau) 



(Mediacenter Riau/MC Riau)

Struktur PPID

Struktur Pejabat Pengelola dan Dokumentasi (PPID) Riau

IR. S. F. HARIYANTO M. T.,

Pj. Gubernur Riau

-

Wakil Gubernur

Indra, SE., MM

Pj. Sekretaris Daerah

IKHWAN RIDWAN, SH, M.Si

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik

Penghargaan

Daftar Penghargaan Pemerintah Provinsi Riau

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII "baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII “baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan pembina K3 terbaik

Penghargaan pembina K3 terbaik

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

Informasi PPID

Informasi Data PPID Riau

Informasi Publik

611

  • 260 Tersedia Setiap Saat
  • 301 Berkala
  • 44 Serta Merta
  • 6 Dikecualikan

Permohonan Informasi

327

  • 93 Selesai
  • 181 Ditolak
  • 53 Sedang Proses

Member PPID

411

  • 410 Aktif
  • 1 Tidak Aktif

Info Grafis

Daftar Info Grafis

PPID Kabupaten/Kota

Daftar link website PPID Kabupaten/Kota

Kota Dumai Kab. Siak Kab. Bengkalis Kab. Rokan Hilir Kab. Rokan Hulu Kab. Pelalawan Kab. Kepulauan Meranti Kota Pekanbaru Kab. Kuansing Kab. Kampar Kab. Indragiri Hulu Kab. Indragiri Hilir