ppid@riau.go.id (0761) 45505
Gubri Syamsuar Memperingati Hari Santri di Rohil

Gubri Syamsuar Memperingati Hari Santri di Rohil

  • PPID UTAMA
  • 22 October 2023
  • 178 View

ROHIL - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menghadiri perayaan Hari Santri Nasional tahun 2023 tingkat Provinsi Riau di Pondok Pesantren Bidayatul Hidayah, Kabupaten Rokan Hilir. Hari Santri tahun ini mengusung bertema "Jihad Santri Jayakan Negeri".

Dari pantauan Media Center Riau, Gubri Syamsuar disambut antusias oleh ribuan santri dan satriwati dari seluruh kabupaten/kota di provinsi Riau. Acara ini dilaksanakan, pada Minggu (22/10/2023) pagi. 

Dikatakan Gubri, peringatan hari santri ini merupakan bentuk resolusi jihad yang penetapannya sejak tahun 22 Oktober 1945. Resolusi ini mengobarkan semangat umat Islam melawan penjajah demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

“Alhamdulillah pada hari ini kita dapat hadir dalam rangka upacara hari santri tahun 2023 tingkat Provinsi Riau. Kita mengikuti Upacara Hari Santri tingkat Provinsi Riau penetapan hari santri merujuk pada munculnya resolusi jihad pada tanggal 22 Oktober 1945,” katanya.

Dijelaskan, resolusi jihad merupakan seruan ulama kyai dan santri yang mewajibkan setiap muslim Indonesia untuk membela tanah air dan mempertahankan NKRI. Resolusi jihad tersebut telah berperan meleburkan sekat antarkelompok di kalangan bangsa Indonesia yang beragam latar belakang. 

“Resolusi jihad telah menyeimbangkan spiritualitas individu yang bersifat vertikal dengan kepentingan bersama yang bersifat horizontal. Resolusi jihad ini kemudian melahirkan peristiwa heroik tanggal 10 November 1945 yang kita peringati sebagai Hari Pahlwan,” jelasnya.

Gubri ungkapkan, melihat peran strategis kyai, ulama dan santri dalam perjuangan heroiknya mempertahankan NKRI. Maka negara menetapkan hari santri melalui Keputusan Presiden Nomor 22 tahun 2015 tentang Hari Santri. 

“Hari Santri Nasional diresmikan bapak Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015. Tahun ini, peringatan hari santri mengusung tema 'Jihad Santri Jayakan Negeri'. Tema tersebut memberi pesan bahwa peringatan hari santri tahun ini ingin merayakan semangat dan dedikasi para santri sebagai pahlawan pendidikan dan perjuangan mengatasi kebodohan," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Hari Santri 2023 tingkat Provinsi Riau, menerangkan bahwa ada sebanyak 6.200 anak yang berkumpul memperingati di Ponpes Bidayatul Hidayah Rohil. Ia menambahkan bahwa ini merupakan peserta terbanyak dari tahun-tahun sebelumnya.

“Alhamdulillah, tahun ini setiap perwakilan ponpes se-provinsi Riau berkumpul di Pondok Pesantren Bidayatul Hidayah. Jumlah santri yang terdaftar ada sebanyak 6200 anak dan ini merupakan jumlah peserta terbanyak dari peringatan sebelumnya,” pungkasnya. (MC Riau/Bib)



(Mediacenter Riau/bib)

Struktur PPID

Struktur Pejabat Pengelola dan Dokumentasi (PPID) Riau

IR. S. F. HARIYANTO M. T.,

Pj. Gubernur Riau

-

Wakil Gubernur

Indra, SE., MM

Pj. Sekretaris Daerah

IKHWAN RIDWAN, SH, M.Si

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik

Penghargaan

Daftar Penghargaan Pemerintah Provinsi Riau

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII "baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII “baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan pembina K3 terbaik

Penghargaan pembina K3 terbaik

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

Informasi PPID

Informasi Data PPID Riau

Informasi Publik

611

  • 260 Tersedia Setiap Saat
  • 301 Berkala
  • 44 Serta Merta
  • 6 Dikecualikan

Permohonan Informasi

327

  • 93 Selesai
  • 181 Ditolak
  • 53 Sedang Proses

Member PPID

411

  • 410 Aktif
  • 1 Tidak Aktif

Info Grafis

Daftar Info Grafis

PPID Kabupaten/Kota

Daftar link website PPID Kabupaten/Kota

Kota Dumai Kab. Siak Kab. Bengkalis Kab. Rokan Hilir Kab. Rokan Hulu Kab. Pelalawan Kab. Kepulauan Meranti Kota Pekanbaru Kab. Kuansing Kab. Kampar Kab. Indragiri Hulu Kab. Indragiri Hilir