ppid@riau.go.id (0761) 45505
Polda Riau Siap Amankan Pemilu 2024

Polda Riau Siap Amankan Pemilu 2024

  • PPID UTAMA
  • 17 October 2023
  • 164 View

PEKANBARU - Kepolisian Daerah (Polda) Riau menggelar simulasi sistem pengamanan kota (Sispamkota) dalam rangkaian kegiatan operasi Mantap Brata Lancang Kuning 2023 - 2024. Kegiatan simulasi ini digelar di Jalan Gajah Mada, Pekanbaru, pada Selasa (17/10/2023).

Atraksi acara ini menampilkan sejumlah kesiapan maupun kemampuan personil dalam menghadapi gangguan maupun ancaman yang mungkin terjadi saat pesta demokrasi nanti. Sehingga mampu mengantisipasi hal-hal terburuk yang mungkin terjadi pada Pemilu.

Adapun skenario yang ditampilkan yaitu mulai dari pengamanan kepada para unjuk rasa yang melakukan tindakan anarkis. Lalu, skenario baku tembak antara pihak aparat dengan pelaku kejahatan yang berupaya menggagalkan Pemilu, hingga skenario menjinakkan bom yang mengakibatkan dentuman yang sangat keras.

Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal sampaikan simulasi Sispamkota dipusatkan di Jalan Gaja Mada Pekanbaru disebabkan oleh 2 alasan yaitu untuk membiasakan pihaknya kepada kondisi real dilapangan. Lalu, sebutnya, agar dapat mengedukasi dan menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap kemungkinan buruk yang dapat terjadi.

"Kami memutuskan pusat latihan dilakukan di Jalan Gajah Mada ini karena ada 2 pendekatan argumentasi. Pertama, seluruh stakeholder itu terbiasa dengan situasi yang sebenarnya, situasi hiruk pikuk, situasi damai dan berada di tenga kota. Maka, apabila ada kontijensi maka kita akan terbiasa," ujarnya.

"Kedua, sekaligus mengedukasi masyarakat. Ketika ada keadaan yang mengarah kepada kontijensi, ketidak teraturan, maka masyarakat harus punya sense of crisis agar semua masyarakat yang ada di 11 kabupaten/kota di Provinsi Riau terbiasa," imbuhnya.

Lebih lanjut Jenderal bintang dua itu katakan, simulasi Sispamkota juga telah dilaksanakan di beberapa kabupaten/kota di Provinsi Riau. Keberhasilannya, kata dia, bergantung pada peran dari berbagai stakeholder sehingga Sispamkota dapat berjalan aman, baik, dan Konusif.

"Hari ini serentak dilaksanakan Apel pasukan operasi Mantap Brata dan juga di beberapa kabupaten/kota, ada yang sudah melaksanakan simulasi Sispamkota, ada yang hari ini ada juga yang besok, karena memang harus dilatihkan. Intinya bahwa sistem pengamanan kota ini yang didepan adalah Polri dan TNI, tetapi keberhasilannya adalah bagaimana seluruh stakeholder dapat berperan, sehingga Sispamkota ini berjalan aman, baik, dan kondusif," terangnya.

Sejak tahapan Pemilu berjalan, lanjutnya, pihaknya telah melakukan upaya pencegahan dini dengan menjaga persatuan dan persatuan, mengeratkan kebersamaan, hingga meminimalisir perbedaan. Dengan upaya tersebut, Iqbal optimis dapat mewujudkan pengaman dalam Pemilu.

"Cooling system yang kita sampaikan bahwa kita sudah koordinasi, silaturahim antar partai pendukung, dan puncaknya adalah kita melakukan deklarasi damai. Dengan semua langkah yang dilakukan, diakhiri dengan simulasi Sispamkota apabila ada situasi kontijensi kita siap melaksanakan pengamanan Pemilu, dan harapan kita situasi Kontijensi itu tidak terjadi," tandasnya.



(Mediacenter Riau/Alw)

Struktur PPID

Struktur Pejabat Pengelola dan Dokumentasi (PPID) Riau

IR. S. F. HARIYANTO M. T.,

Pj. Gubernur Riau

-

Wakil Gubernur

Indra, SE., MM

Pj. Sekretaris Daerah

IKHWAN RIDWAN, SH, M.Si

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik

Penghargaan

Daftar Penghargaan Pemerintah Provinsi Riau

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII "baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII “baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan pembina K3 terbaik

Penghargaan pembina K3 terbaik

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

Informasi PPID

Informasi Data PPID Riau

Informasi Publik

611

  • 260 Tersedia Setiap Saat
  • 301 Berkala
  • 44 Serta Merta
  • 6 Dikecualikan

Permohonan Informasi

327

  • 93 Selesai
  • 181 Ditolak
  • 53 Sedang Proses

Member PPID

411

  • 410 Aktif
  • 1 Tidak Aktif

Info Grafis

Daftar Info Grafis

PPID Kabupaten/Kota

Daftar link website PPID Kabupaten/Kota

Kota Dumai Kab. Siak Kab. Bengkalis Kab. Rokan Hilir Kab. Rokan Hulu Kab. Pelalawan Kab. Kepulauan Meranti Kota Pekanbaru Kab. Kuansing Kab. Kampar Kab. Indragiri Hulu Kab. Indragiri Hilir