ppid@riau.go.id (0761) 45505
Ribuan Mahasiswa Baru Unilak Mulai Pengenalan Kampus

Ribuan Mahasiswa Baru Unilak Mulai Pengenalan Kampus

  • PPID UTAMA
  • 13 October 2023
  • 114 View

Pekanbaru - Universitas Lancang Kuning (Unilak) resmi memulai Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun 2023. Acara dibuka oleh Rektor Unilak yang diwakili oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik Dr Zamzami turut hadir Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr Bagio Kadaryanto SH MH di lapangan sepak bola, Jumat (13/10/2023).

Pada tahun 2023 ini, Unilak menerima lebih dari dua ribuan mahasiswa baru yang diterima di 32 Prodi dan 10 Fakultas yang ada di Unilak. Dari jumlah tersebut, 12 orang diantaranya adalah penyandang disabilitas. 

Kampus Unilak adalah kampus besar yang telah berdiri sejak tahun 1982. Mahasiswa baru tahun ini berasal 11 Kabupaten/Kota di Riau, kemudian dari Provinsi Sumbar, Jambi, Sumut, Aceh dan di luar pulau jawa.

Wakil Rektor I Dr Zamzami saat membuka PKKMB menyampaikan rasa bangga dan senang bisa menyambut mahasiswa baru. 

"Diawali dengan pantun, sungguh manis si semangka kuning dibuat sup buah membutuhkan proses, selamat datang di Universitas Lancang Kuning kampusnya orang sukses," ucap Dr Zamzami di awal sambutannya.

Unilak adalah satu di antara perguruan tinggi terbaik di Provinsi Riau, allhamdulillah hari ini mendapatkan kesempatan untuk mengikuti kegiatan untuk mengenal Unilak. 

"Unilak akan menjadi rumah kedua adik adik, disini akan mengenal dosen,tenaga pendidik, teman baru, dan lingkungan kampus, kami mengharapkan adik-adik dapat mengikuti kegiatan PKKMB ini dengan baik, ujar Dr Zamzami.

Menurut Zamzami, Unilak akan mendidik adik-adik menjadi generasi intelektul, generasi cerdas, dan disini juga belajar organisasi. Untuk itu telah berdiri 14 Unit Kegiatan Kemahasiswa dan 2 UKK, ini merupakan wadah bagi adik-adik untuk mengembangkan diri.

"Di sini (Unilak), tidak sekedar kuliah pulang kuliah pulang, tapi juga harus mengembangkan potensi diri, bakat, minat, jiwa kepemimpinan dan jaringan/networking. Unilak telah menerapkan kurikulum MBKM, maka ini kesempatan adik-adik sangat besar untuk mengikuti progam MBKM dan bisa belajar di luar kampus," jelasnya.

Sementara itu Rektor Unilak Prof Dr Junaidi dalam keterangannya mengucapkan rasa syukur, bangga dan senang atas kehadiran mahasiswa baru yang akan menjadi pemimpin di masa depan. 

"Kami ucapkan terima kasih kepada para orang tua, keluarga dan adik-adik yang telah mempercayakan Unilak menjadi rumah untuk menimba ilmu, disini menjadi langkah awal untuk bisa meraih sukses di masa depan. Kehadiran adik di Unilak tentu diiringi dengan doa dari para orang tua dan keluarga, maka pendidikan itu adalah bagian dari perjuangan," kata Junaidi.

Menurut Junaidi, ini adalah langkah yang tepat dengan kuliah di Unilak. Kepercayaan itu akan dipegang teguh dan Unilak akan membantu para mahasiswa untuk mewujudkan menjadi sarjana.

"Serta menjadi orang sukses, menjadi pemimpin, menjadi generasi intelektul berakhlak dan beradab," kata Prof Junaidi.

Pelaksanaan PKKMB Unilak berlangsung selama dua hari, selain kegiatan dilakukan di tingkat Universitas mahasiswa baru juga disambut dengan kegiatan di tingkat Fakultas. Pembukaan PKKMB juga di hadiri oleh Dekan, Wakil Dekan, Dosen, Kepala Biro Kabag di lingkungan Unilak. 

Kegiatan juga mengundang Danrem Wirabima yang diwakili oleh Komandan Kodim Pekanbaru Kolonel Kav Yuli Eko Hadiyanto, BNN Provinsi Riau, PT Jasarharja, dan Ketua HIPMI Riau. Kegiatan mendapatkan dukungan dan dipandu oleh BEM Unilak, DPM Unilak, UKK, Ormawa.



(Mediacenter Riau/asn)

Struktur PPID

Struktur Pejabat Pengelola dan Dokumentasi (PPID) Riau

IR. S. F. HARIYANTO M. T.,

Pj. Gubernur Riau

-

Wakil Gubernur

Indra, SE., MM

Pj. Sekretaris Daerah

IKHWAN RIDWAN, SH, M.Si

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik

Penghargaan

Daftar Penghargaan Pemerintah Provinsi Riau

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII "baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII “baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan pembina K3 terbaik

Penghargaan pembina K3 terbaik

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

Informasi PPID

Informasi Data PPID Riau

Informasi Publik

611

  • 260 Tersedia Setiap Saat
  • 301 Berkala
  • 44 Serta Merta
  • 6 Dikecualikan

Permohonan Informasi

327

  • 93 Selesai
  • 181 Ditolak
  • 53 Sedang Proses

Member PPID

411

  • 410 Aktif
  • 1 Tidak Aktif

Info Grafis

Daftar Info Grafis

PPID Kabupaten/Kota

Daftar link website PPID Kabupaten/Kota

Kota Dumai Kab. Siak Kab. Bengkalis Kab. Rokan Hilir Kab. Rokan Hulu Kab. Pelalawan Kab. Kepulauan Meranti Kota Pekanbaru Kab. Kuansing Kab. Kampar Kab. Indragiri Hulu Kab. Indragiri Hilir