ppid@riau.go.id (0761) 45505
Helat Pelalawan 2023, Bupati : Pelalawan akan Jadi Tujuan Wisata Baru

Helat Pelalawan 2023, Bupati : Pelalawan akan Jadi Tujuan Wisata Baru

  • PPID UTAMA
  • 07 October 2023
  • 193 View

PELALAWAN - Bupati Pelalawan, Zukri Misran menyampaikan bahwa di usia Kabupaten Pelalawan ke 24 tahun, tentu banyak cita-cita dan mimpi para pendiri Kabupaten Pelalawan. Helat Pelalawan tahun 2023 memilih tema "Melaju Bersama Menuju Pelalawan Menawan".

Zukri Misran menjelaskan, tema tersebut mengandung makna, bahwa Pelalawan akan terus bersolek untuk semakin indah, semakin sedap dipandang mata. Banyak harapan besar untuk Kabupaten Pelalawan ke depannya. 

"Oleh karena itu, Helat Pelalawan ke-24 ini pemerintah sengaja mengambil tagline 'Melaju Bersama Menuju Pelalawan Menawan', artinya Pelalawan akan terus bersolek untuk semakin indah, semakin sedap dipandang mata. Tentunya (Pelalawan) akan menjadi tujuan wisata baru di Riau dan bahkan di Sumatera, dan Indonesia," ujarnya, Jumat (6/10/23) malam. 

Kabupaten Pelalawan dibentuk berdasarkan Undang-undang nomor 53 Tahun 1999. Kabupaten ini merupakan pemekaran dari Kabupaten Kampar. Pelalawan yang dikenal memiliki lokawisata ombak bono itu diresmikan oleh Mendagri pada tanggal 12 Oktober 1999 silam. Di mana Pangkalan Kerinci dipilih sebagai Ibu Kota Kabupaten Pelalawan.

Zukri melanjutkan, pemerintah terus melakukan upaya-upaya bagaimana menata Kabupaten Pelalawan ini agar terus ingin mensejahterakan masyarakat. Banyak program-program yang sudah dilakukan.

"Maka dihelat pelalawan yang ke-24 ini, adalah betul-betul ruang bagi rakyat bisa bergembira di setiap tahunnya dalam memperingati hari lahirnya Kabupaten Pelalawan," ucapnya. 

Diungkapkan Zukri, banyak kegiatan yang disiapkan, ruang ini bisa menjadi ruang ekspresi bagi anak-anak talenta Kabupaten Pelalawan. Seluruh seni dan kreator kreasi dan inovasi anak-anak pelalawan bisa ditampilkan di Helat Pelalawan. Bahkan hampir di seluruh kecamatan akan menampilkan diri. 

"Ini adalah helat kita semua, ini adalah pesta kita semua maka pesta ini betul-betul harus dirasakan dan dimiliki oleh seluruh masyarakat Kabupaten Pelalawan yang kita cintai," ucapnya. 

Diungkapkan, pada Helat Pelalawan yang ke-24 ini pemerintah terus berinovasi dan berkreasi, supaya betul-betul menghadirkan kebersamaan bersama rakyat. Oleh karena itu terangnya, ke depannya Pemkab Pelalawan akan terus melakukan peningkatan agar Pelalawan semakin maju. 

"Insyaallah dalam waktu dekat dan pemerintah juga mempersiapkan program-program yang tentu mempersolek dan memperindah, baik Kota Pangkalan Kerinci dan kecamatan-kecamatan lain di Kabupaten Pelalawan ini. Apa yang menjadi harapan masyarakat tadi itulah yang akan disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten Pelalawan kedepannya," tutupnya.

Terpisah sebelumnya, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Pelalawan, Budi Surlani mengatakan, HUT ke-24 Kabupaten Pelalawan digelar selama 7 hari, mulai tanggal 6 hingga 12 Oktober 2023. 

Pemkab Pelalawan telah menyediakan 100 stan ukuran 3x3 meter untuk pelaku UMKM. Lokasinya di depan kantor bupati dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pelalawan. "Tenda pameran untuk pelaku UMKM disiapkan gratis. Saat ini sudah 120 pelaku UMKM yang telah mendaftar," kata Budi Surlani. 

Selain meyediakan tenda untuk pelaku UMKM, Pemkab Pelalawan juga telah menyediakan tenda pameran untuk organisasi perangkat daerah (OPD), pelaku bisnis, dan perusahaan. Namun, berbayar. 

"Untuk pelaku usaha, perusahaan-perusahaan, dan OPD telah disiapkan 40 unit tenda. Tapi ini berbayar, tidak gratis, ukuran tendanya 5x5 meter," ujar Budi Surlani. 

Pada Helat Pelalawan akan ada artis yang didatangkan dari DKI Jakarta, yaitu Naff Band. Mereka bakal konser pada 7 Oktober 2023 malam. Kemudian, pada tanggal 8 Oktober akan ditampilkan pagelaran seni daerah dari 12 kecamatan di Pelalawan. Seni pertunjukan yang disajikan mengangkat kearifan lokal daerah setempat. 

Selanjutnya, pada tanggal 9 Oktober 2023 akan ada Tabligh Akbar. Lalu, pada tanggal 10 dan 11 Oktober 2023 akan kembali mementaskan atraksi seni budaya melayu. Berbagai tarian dan permainan rakyat lokal bakal ditampilkan dari 12 kecamatan. 

"Nanti ada permainan rakyat, masyarakat bisa ikut serta. Satu di antaranya permainan gasing yang digarap oleh anak-anak muda. Terakhir pada tanggal 12 Oktober 2023 acara penutupan. Kami mengundang artis Salma Salsabilla, juara Indonesian Idol 2023," Budi menjelaskan. 

Kemudian, pihaknya juga telah menyiapkan stan dalam satu kluster, khusus untuk pelayanan publik. Stan ini untuk kantor atau OPD. Baik itu di lingkup pemda dan instansi vertikal seperti kantor imigrasi, kantor pelayanan pajak, BPN, Samsat, dan Kemenag untuk memberikan pelayanan publik. 



(Mediacenter Riau/ip)

Struktur PPID

Struktur Pejabat Pengelola dan Dokumentasi (PPID) Riau

IR. S. F. HARIYANTO M. T.,

Pj. Gubernur Riau

-

Wakil Gubernur

Indra, SE., MM

Pj. Sekretaris Daerah

IKHWAN RIDWAN, SH, M.Si

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik

Penghargaan

Daftar Penghargaan Pemerintah Provinsi Riau

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII "baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII “baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan pembina K3 terbaik

Penghargaan pembina K3 terbaik

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

Informasi PPID

Informasi Data PPID Riau

Informasi Publik

611

  • 260 Tersedia Setiap Saat
  • 301 Berkala
  • 44 Serta Merta
  • 6 Dikecualikan

Permohonan Informasi

327

  • 93 Selesai
  • 181 Ditolak
  • 53 Sedang Proses

Member PPID

411

  • 410 Aktif
  • 1 Tidak Aktif

Info Grafis

Daftar Info Grafis

PPID Kabupaten/Kota

Daftar link website PPID Kabupaten/Kota

Kota Dumai Kab. Siak Kab. Bengkalis Kab. Rokan Hilir Kab. Rokan Hulu Kab. Pelalawan Kab. Kepulauan Meranti Kota Pekanbaru Kab. Kuansing Kab. Kampar Kab. Indragiri Hulu Kab. Indragiri Hilir