ppid@riau.go.id (0761) 45505
Universitas Abdurrab Gelar PKKMB

Universitas Abdurrab Gelar PKKMB

  • PPID UTAMA
  • 02 October 2023
  • 268 View

PEKANBARU - Universitas Abdurrab menggelar Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) yang berbeda dari tahun sebelumnya. Pada tahun digelar bersamaan dengan penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

PKKMB digelar di Gedung Susiana Tabrani Convention Hall Pekanbaru, Senin (2/9/2023). MURI memberikan penghargaan kepada Universitas Abdurrab lantaran sebanyak 1.600 mahasiswa di kampus tersebut serempak membacakan Gurindam 12 pasal 5. 

Gurindam Dua Belas merupakan karya sastra yang dibuat oleh Raja Ali Haji. Ia adalah seorang sastrawan dari Kepulauan Riau. Karya sastra Gurindam 12 iberbahasa Melayu Kuno, memiliki ciri khas banyaknya istilah tasawuf, kata-kata kiasan, dan metafora. Karya ini terdiri dari dua belas pasal dan dikategorikan sebagai “Syi’r Al-Irsyadi”.

Gurindam 12 juga dikategorikan puisi didaktik karena berisikan nasehat atau petunjuk hidup. Antara lain tentang ibadah, kewajiban raja, kewajiban anak terhadap orang tua, tugas orang tua kepada anak, budi pekerti, dan hidup bermasyarakat.

Ketua Pembina Yayasan Abdurrab Susiana Tabrani mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa baru. Ia menyatakan tahun ini agak berbeda dari sebelumnya karena Ikon Provinsi Riau itu identik dengan Budaya Melayu, sebab itulah Rekor MURI ini juga diadakan.

"Sebab pasal 5 Gurindam Raja Ahli Haji ibi menjadi suatu moto dari Universitas Abdurrab. Jadi, seluruh nilai nilai Raja Ahli Haji ini mesti dihidupkan kembali, karena kita mempunyai ulama sekaligus raja yang bagus menciptakan gurindam 12," ungkap Susiana.

Saat ditanya oleh Tim Media Center terkait kualitas juga fasilitas yang diberikan Universitas Abdurrab kepada para mahasiswa, saat ini sudah cukup signifikan (bertambah) dibanding tahun-tahun sebelumnya.

"Alhamdulillah peringat kita sudah naik ke 172 dari sekitar 3300 universitas di Indonesia dan kita Insya Allah karena sudah terakreditasi dengan baik sekali jadi sebentar lagi akan menuju unggul tahun 2025. Makanya, kita mempersiapkan Rumah Sakit pendidikan ya berlokasi di Rimbo Panjang, jadi pembangunan Universitas ini terus kita lakukan termasuk peningkatan SDM di kampus juga kita lakukan,"

Ia menyampaikan bahwa, Universitas Abdurrab ini memiliki tagline Rabbani, Amanah dan Beradab (RAB). Rabbani sendiri bermaksud, para mahasiswa ini dituntut untuk berusaha, berikhtiar menuntut ilmu sesuai dengan apa yang diharapkan oleh Allah SWT.

Sedangkan untuk, amanah itu bermaksud, para mahasiswa ini dituntut untuk bertanggung jawab seluruh tugas tugasnya. Kemudian, beradab bermaksud, para mahasiswa ini dituntut untuk  meletakkan sesuatu sesuai dengan tempatnya.

"Kami berhadap para mahasiswa baru ini nantinya dapat lulus dengan kompeten yang mana mahasiswa ini betul-betul memiliki skill yang full, lulus tepat waktu, lulus dengan IPK yang terbaik karena ini merupakan salah satu kualitas bermutunya," ujarnya. 

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Riau Tati Lindawati menyatakan beberapa pesan kepada para mahasiswa baru ini untuk bersungguh-sungguh belajar agar Indonesia Emas 2045 dapat terwujud.

"Kepada adik-adik mahasiswa, belajar dengan sungguh-sungguh agar dapat menjadi lulusan yang memiliki kualitas handal di Provinsi Riau," pinta Tati.

Menurutnya, hal ini sangat besar arti dan manfaatnya bagi keberlangsungan pembangunan yang ada di Provinsi Riau. "Terutama dalam rangka masa depan Provinsi Riau yang tercinta ini lebih cemerlang dan gemilang," ujarnya.

Ia juga mengatakan, Pemerintah Provinsi Riau terus mengedepankan dan mendorong berbagai kemudahan di bidang pendidikan. Seperti kebijakan pembangunan pendidikan yang menjamin terwujudnya masyarakat agamis termasuk aksebilitas segenap lapisan dan golongan masyarakat untuk memperoleh dan menikmati pendidikan diantaranya pendidikan dibidang agama.

"Teruslah asah kemampuan diri, profesionalisme serta junjung tinggi etika dan moral agar semakin berkompeten menghadapi persaingan global yang semakin kompetitif. Sekali lagi kami mengucapkan selamat kepada para wisudawan/wisudawati atas prestasi yang saudara telah capai,” tandasnya.



(Mediacenter Riau/nb)

Struktur PPID

Struktur Pejabat Pengelola dan Dokumentasi (PPID) Riau

IR. S. F. HARIYANTO M. T.,

Pj. Gubernur Riau

-

Wakil Gubernur

Indra, SE., MM

Pj. Sekretaris Daerah

IKHWAN RIDWAN, SH, M.Si

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik

Penghargaan

Daftar Penghargaan Pemerintah Provinsi Riau

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII "baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII “baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan pembina K3 terbaik

Penghargaan pembina K3 terbaik

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

Informasi PPID

Informasi Data PPID Riau

Informasi Publik

611

  • 260 Tersedia Setiap Saat
  • 301 Berkala
  • 44 Serta Merta
  • 6 Dikecualikan

Permohonan Informasi

327

  • 93 Selesai
  • 181 Ditolak
  • 53 Sedang Proses

Member PPID

411

  • 410 Aktif
  • 1 Tidak Aktif

Info Grafis

Daftar Info Grafis

PPID Kabupaten/Kota

Daftar link website PPID Kabupaten/Kota

Kota Dumai Kab. Siak Kab. Bengkalis Kab. Rokan Hilir Kab. Rokan Hulu Kab. Pelalawan Kab. Kepulauan Meranti Kota Pekanbaru Kab. Kuansing Kab. Kampar Kab. Indragiri Hulu Kab. Indragiri Hilir