ppid@riau.go.id (0761) 45505
Gubri Syamsuar Panen Cabai dan Ubi Bersama Kelompok Tani Goro SAE

Gubri Syamsuar Panen Cabai dan Ubi Bersama Kelompok Tani Goro SAE

  • PPID UTAMA
  • 28 September 2023
  • 183 View

KAMPAR - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar melakukan panen cabai dan ubi bersama Kelompok Tani Goro SAE. Lokasinya berada di Jalan Pasir Putih Desa Baru, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Kamis (28/09/2013).

Dikatakan Gubri Syamsuar, bahwa ia bersyukur dapat bisa hadir dalam kegiatan panen hari ini. Menurutnya, dari pertemuan bersama kelompok tani tersebut bisa memberikan motivasi untuk bersemangat mendukung ketahanan pangan.

“Alhamdulillah hari ini juga kami melakukan kegiatan adanya panen cabe, kemudian juga panen ubi. Ini sekaligus untuk memotivasi para petani agar mereka senang dan semangat menanam tanaman sayur-sayuran dalam mendukung ketahanan pangan,” katanya.

Gubernur Syamsuar menjelaskan, produksi tanaman pangan sangat berkaitan dengan masa depan. Sehingga dengan adanya persiapan dari kelompok tani yang berkolaborasi bersama Pemprov Riau dapat membantu mengendalikan harga dan inflasi.

“Karena masa depan kita ini berkaitan dengan tanaman pangan. Ini diharapkan dengan adanya kesadaran masyarakat yang ikut membantu pemerintah dalam rangka untuk menyiapkan kesediaan pangan ini sekaligus juga bisa melakukan pengendalian harga. Tentunya kita dapat menjaga inflasi tidak tinggi di provinsi Riau,” jelasnya.

Diungkapkan, saat ini harga cabai di pasaran masih kurang stabil. Oleh karna itu, ia berpesan penanamannya semakin di perluas. Karena pemerintah daerah telah memberikan berbagai bantuan peralatan operasional yang dibutuhkan untuk kelompok tani.

“Untuk panen cabai, saya berharap ya sekiranya ini bisa sama-sama diperluas. Sekaligus juga tadi agar nanti tumbuhnya bisa lebih lebih subur. Namun, memang sekarang musim kurang hujan jadi mereka butuh dukungan dari pemerintah daerah termasuk peralatan operasional yang dibutuhkan,” ungkapnya.

“Tadi saya bilang juga, pupuk jangan tergantung pada subsidi. Tetapi saya harapkan mereka agar bisa menciptakan pupuk organik. Tentunya dari tanah Pemprov Riau yang di kelola kelompok tani ini bisa kita makan,” lanjut Gubri.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Goro SAE, M Aspin Wibowo menerangkan sejak tahun 2020 pihaknya telah dipercayai untuk mengelola tanah Pemprov tempatnya di pasir putih dengan luasan sekitar 31 hektar. Kemudian, dirinya berterima kasih karena selama ini telah di dukung untuk melakukan penanaman.

“Kami sejak tahun 2020 telah di percaya Pemprov Riau untuk mengelola tanah di sini. Kami mengucapkan terima kasih, karna dengan kawan-kawan dan paguyuban serta didukung peralatan-peralatan sehingga kami bisa menanam tanaman untuk ketahanan pangan,” terangnya.

Dirinya menuturkan, ketahanan pangan yang di galakkan pihaknya yang utama yaitu ubi kayu. Lalu ada juga jagung dan kemudian ada cabai.

Tak hanya tanaman cabai. Di atas lahan di lokasi itu terdapat pula peternakan sapi dan kambing yang ampasnya itu bisa dikelola menjadi pupuk organik. 

“Sehingga pertanian kita bisa terintegrasi dengan pupuk hewan atau organik untuk pemupukan. Dengan begitu, bisa juga untuk menunjang pertumbuhan tanaman,” tuturnya.

Dia menambahkan, selama ini hasil panen sangat menggembirakan para petani. Di lahan 4 hektar mampu memanen dalam jangka waktu sebulan. Untuk 1 hektar hasil dari ubi kayu perbatang rata-rata 7 kilo. 

“Tandanya kalau petani kita masih bertahan berarti ada manfaat dan ada kesejahteraan untuk mereka sehingga bisa keberlanjutan. Dalam sebulan itu, sekarang yang siap panen ada 4 hektar. Sudah dicabut sekitar satu hektar. Untuk hasilnya dari ubi kayu perbatang rata-rata 7 kilogram. Kami dari kelompok tani Goro SAE, sangat senang bisa mengelola dengan kolaborasi bersama Pemprov Riau," tandasnya. 

(bib)



(Mediacenter Riau/bib)

Struktur PPID

Struktur Pejabat Pengelola dan Dokumentasi (PPID) Riau

IR. S. F. HARIYANTO M. T.,

Pj. Gubernur Riau

-

Wakil Gubernur

Indra, SE., MM

Pj. Sekretaris Daerah

IKHWAN RIDWAN, SH, M.Si

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik

Penghargaan

Daftar Penghargaan Pemerintah Provinsi Riau

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII "baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII “baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan pembina K3 terbaik

Penghargaan pembina K3 terbaik

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

Informasi PPID

Informasi Data PPID Riau

Informasi Publik

611

  • 260 Tersedia Setiap Saat
  • 301 Berkala
  • 44 Serta Merta
  • 6 Dikecualikan

Permohonan Informasi

327

  • 93 Selesai
  • 181 Ditolak
  • 53 Sedang Proses

Member PPID

411

  • 410 Aktif
  • 1 Tidak Aktif

Info Grafis

Daftar Info Grafis

PPID Kabupaten/Kota

Daftar link website PPID Kabupaten/Kota

Kota Dumai Kab. Siak Kab. Bengkalis Kab. Rokan Hilir Kab. Rokan Hulu Kab. Pelalawan Kab. Kepulauan Meranti Kota Pekanbaru Kab. Kuansing Kab. Kampar Kab. Indragiri Hulu Kab. Indragiri Hilir