PEKANBARU - Asisten I Setdaprov Riau, Jenri Salmon Ginting mengatakan bahwa upaya memerangi dan mencegah penyebaran Covid-19 adalah bagian dari bela negara. 

Hal ini dikatakannya saat menjadi narasumber dalam acara seminar nasional bela negara di Gedung Dakwah Muhammadiyah Riau, Kamis (18/2/2021). 

Ia mengungkapkan, hingga saat ini Indonesia bahkan dunia masih disibukkan dengan permasalah virus Corona yang belum berakhir. Untuk itu, Pemuda Muhammadiyah diharapkan mampu menumbuhkan semangat bela negara salah satunya dengan cara ikut mencegah penyebaran Covid-19. 

"Pemuda Muhammadiyah harus mampu menumbuhkan rasa semangat bela negara yaitu dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19," jelasnya. 

Selain itu, Pemuda Muhammadiyah juga diharapkan dapat menjadi contoh untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes) seperti memakai masker, sering mencuci tangan dan menjaga jarak atau menghindari kerumunan. 

Penanganan Covid-19 di Provinsi Riau butuh kerjasama dan sinergi semua pihak termasuk Pemuda Muhammadiyah. Sehingga, persepsi tentang tugas menyelesaikan wabah ini adalah ranah pemerintah dan unsur TNI-Polri harus dihilangkan. 

Ia juga mengingatkan, melawan Covid-19 merupakan musuh bersama sehingga diharapkan bisa mendaptkan jalan keluar untuk Riau lebih baik dan Covid-19 di Bumi Melayu Riau bisa berakhir. (MCR/NV)